Inilah Kronologi Tumbangnya Jaringan Internet Smartfren
Smartfren Telecom menganggap tumbangnya jaringan internet mereka
selama beberapa hari kemarin sebagai suatu musibah. Standar operasi back-up sejatinya sudah dilakukan, namun apa daya, dua ban serep yang disiapkan kena musibah juga.
Bagaimana kronologi tumbangnya jaringan Smartfren ini. Berikut
seperti dijabarkan Chief Technology Officer Smartfren Merza Fachys dalam
jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/3/2013) seperti dilansir detikINET.
Merza menjelaskan bahwa jaringan yang dipakai Smartfren untuk layanan
internet ada dua jalur. Di mana untuk internasional lazimnya memakan
kapasitas sekitar 70-75%, sedangkan 25-30% mengarah ke domestik.
“Jaringan yang bermasalah kemarin yang jalur internasional, domestik tidak,” ujarnya.
Lantas apa respons Smartfren? Merza menjelaskan, jaringan Smartfren
memakai kabel utama yang melewati pulau Bangka. Ini menjadi jalur yang
dilalui seluruh trafik internet Smartfren.
“Kami sadar bisa terganggu makanya kita gak bergantung hanya satu
kabel. (Kita juga) lewat darat, melalui Sumatera. Tetapi yang terjadi
kemarin kabel utama kita putus di Bangka dan Batam. Pada saat itu belum
terasa, service masih terasa tapi belum totaly hilang,” kata Merza.
“Penyebabnya ada kapal minyak buang jangkar kena kabel kita. Dan
kejadian seperti ini memang harus dikoordinasikan dengan pihak terkait
supaya ke depan terhindar dari hal-hal tak diinginkan,” lanjutnya.
Smartfren lantas meminta bantuan kapal laut terdekat, makanya
operator CDMA ini awalnya optimistis masalah ini akan selesai
secepatnya. Namun tak disangka, Sabtu ada tanah longsor di Palembang.
“Saat itu terus terang kita collaps, hanya 10 persen dari
kapasitas yang bisa kita berikan untuk melayani pelanggan, bayangkan
berapa juta pelanggan (yang terganggu)?” tukas Merza.
Akhirnya restorasi segera dilakukan. Dengan harapan masalah segera
dibereskan. Namun kembali lagi, upaya itu terhadang berbagai rintangan,
seperti cuaca dan sebagainya.
“Kita pun melakukan kontak dengan operator lain secara kilat. Namun apa yang terjadi, kabel mereka pun putus,” tambahnya.
Pada Selasa (26/3/2013), jalur jaringan Smartfren yang darat selesai
diperbaiki. Maka mulailah beberapa trafik bisa dilakukan namun memang
belum bisa maksimal. Dan tadi malam baru diselesaikan perbaikan kabel
yang di laut. Jadi dengan harapan mulai pagi, Rabu (27/3/2013), ini
semua layanan data internet bisa normal.
“Ini menjadi satu pelajaran baru kepada manajemen Smartfren bahwa ban
serep ketiga belum cukup. Kami pertimbangkan untuk ada ban serep empat,
lima dan seterusnya. Jadi dalam membuat perencanaan jaringan jangan
percaya hanya satu jalur. Untuk memberikan layanan lebih baik bagi
pelanggan,” Merza menandaskan.
Jaringan Smartfren
Smartfren membangun serat optik untuk koneksi ke luar negeri
berkolaborasi dengan Moratel dengan rute Jawa-Bangka-Batam-Singapura
yang menelan investasi sekitar USD 20 juta.
Sementara untuk rute Surabaya-Jakarta yang selama ini menjadi
backhaul baru saja ditingkatkan kapasitasnya dari 5 Gbps menjadi 10
Gbps.
Pada tahun ini Smartfren bakal menambah 1.500-2.000 BTS pada tahun
2013-2014 di Pulau Jawa dan Sumatera. Total dana yang dikeluarkan
diperkirakan sebesar USD 100- USD 150 juta.
Per Januari 2013, perusahaan mempunyai jumlah pelanggan mencapai 11,5
juta pengguna. Sebanyak 6,5 juta pengguna adalah pelanggan seluler dan 5
juta adalah pengguna data.
Pada tahun ini, Smartfren memproyeksi mampu mendapatkan tambahan 5
juta pelanggan data, dengan porsi sebanyak tambahan 3 juta pelanggan
dari bundling perangkat mobile seperti tablet dan ponsel pintar, dan 2
juta dari pelanggan modem.
Terganggunya koneksi ke situs luar negeri sontak membuat para pengguna operator dengan tagline I hate Slow ini mencak-mencak. Pasalnya, ponsel Smartfren selama ini banyak dijadikan sebagai modem untuk terkoneksi dengan internet.
Redaktur: Abu Hafsah
http://news.fimadani.com/read/2013/03/27/inilah-kronologi-tumbangnya-jaringan-internet-smartfren/#.UVKiAuy639w.facebook
0 Komentar
CARA RESERVASI
WA / SMS / Call. 085.643.455.685
PIN BB 7A722B86
Kantor Pemasaran : Jalan Jogja-Solo KM 15 Bogem Kalasan Sleman Yogyakarta 'Toko Stiker Sahabat Motor dan Mobil'
Disarankan untuk reservasi menggunakan SMS mengingat kami sering mobile keluar kantor. Sampaikan penawaran yang diinginkan kemudian akan kami berikan penawaran dari kami.
LAYANAN SMS GRATIS
setelah setahun terhenti, insya Allah SMS Community akan berjalan lagi.
minat langganan status via sms, cukup ketik : IKUT ssbscommunity kemudian kirim ke 082-110-001-021
jika gagal berarti ada salah penulisan "IKUT ssbs community" nya.
untuk semua operator GSM.
# gratis sampai kapan pun
!! PESAN ADMIN !!
Kami selalu menghimbau agar semua member agar tetap mewaspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya On-Line, Intive, Inc dan SSBS Community karena kami tidak memungut biaya sepersen pun sebelum kesepakatan kedua belah pihak disepakati.
Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Mohon untuk menanyakan terlebih dahulu sebelum bertransaksi.
Contact Admin : 085.643.455.685
Untuk melakukan Pemesanan silahkan klik cara pemesanan
Untuk mengetahui paket wisata silahkan klik Paket Wisata
Untuk mengetahuin paket catering silahkan klik Paket Catering
Untuk mengetahui paket privat silahkan klik Paket Privat
Untuk mengetahui Paket Kaos silahkan klik Paket Kaos
Untuk mengetahui Paket Backpaker dan Adventure silahkan klik Paket Backpaker dan Adventure
Untuk mengetahui Testimoni silahkan klik Testimoni
Untuk mengetahui Tentang Kami silahkan klik Tentang Kami