Tradisi Nganggung

nganggung bangka

Tradisi Nganggung, Budaya Bangka
 
Tradisi Nganggung, Budaya Bangka  - Budaya Bangka Belitung “Nganggung” biasanya digelar di masjid maupun di surau dengan membawa makanan di atas dulang (tampah) yang ditutup dengan tudung saji dan menyantapnya bersama-sama setelah selesai pembacaan doa-doa dan pujian-pujian kepada Allah SWT, tradisi nganggung ini tidak saja untuk acara tahlilan. Namun juga dilakukan masyarakat bila menyambut tamu undangan pada kegiatan acara.

Tempat pelaksanaan nya pun berbeda-beda sesuai dengan sarana yang tersedia . Ada yang menyelenggarakan tradisi ini di mesjid , di langgar , di mushola , dan ada pula yang menyelenggarakannya di rumah adat atau di balai adat .Biasanya acara dimulai dengan siraman rohani berupa pengajian dan ceramah keagamaan.

Beberapa pengumuman penting pun dapat disampaikan di sini . Kemudian acara dilanjutkan dengan do’a bersama . Setelah itu acara ditutup dengan makan bersama sambil saling bersilaturrahim dengan sahabat dan kerabat , Tradisi Nganggung, Budaya Bangka.

Semoga saja tradisi nganggung yang telah mendarah daging secara turun temurun pada masyarakat Bangka Belitung ini tidak lekang diterjang zaman.

Dengan tradisi ini kita dapat menunjukkan rasa solideritas , kepedulian , kebersamaan , gotong royong dan selalu menjaga serta menjalin tali kekeluargaan dan hubungan silaturrahim antara sesama Tradisi Nganggung, Budaya Bangka.

http://forkrevmah.web.id/tradisi-nganggung-budaya-bangka/

Posting Komentar

0 Komentar