Curug Sidomba

Wisata Alam Curug Sidomba-Cirebon

CURUG Sidomba di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, boleh jadi merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Kuningan yang  banyak  dikunjungi wisatawan akhir-akhir ini.

Tapi, orang tidak yang banyak tahu bahwa curug Sidomba ini awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh beberapa siswa yang sedang melakukan perjalanan menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai..

Menurut keterangan warga sekitar, Curug Sidomba, ditemukan secara tidak sengaja yaitu pada tahun 2002, ketika siswa-siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan sedang melakukan hiking. Mereka menelusuri sungai kecil di sekitar lereng Gunung Ciremai, .dan menemukan curug yang memiliki ketinggian 10 meter.

Kemudian oleh Umar Sjarifudin, warga Desa Peusing, Curug itu dikembangkan menjadi kawasan wisata yang lebih dikenal Curug Sidomba. Nama Sidomba sendiri, menurut cerita masyarakat, konon dulu tempat ini merupakan tempat memandikan domba. Selain itu, hutan di sekitar curug merupakan pangngonan  (tempat penggembalaan) domba.

Keberadaan Curug Sidomba sekarang sungguh berbeda dengan saat ditemukan oleh siswa SMP ITUS pada tahun 2002 lalu. Sidomba sekarang sudah merupakan obyek wisata yang modern.

foto-foto curug Sidomba




http://refaridwan.wordpress.com/2010/12/19/wisata-alam-curug-sidomba-cirebon/

Posting Komentar

0 Komentar