Objek Wisata Plangon di Cirebon

Objek Wisata Plangon di Cirebon

Jika berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat rasanya tak lengkap kalau tidak mampir di objek Wisata Alam dan Ziarah Plangon. Selain berwisata religi, wisata alam yang tak kalah menarik juga di sajikan di daerah ini. Betapa tidak, di tempat rekreasi dengan panorama alam yang indah yang di huni oleh sekelompok kera (monyet-monyet) liar yang siap menyambut kedatangan para wisatawan. 
 
Obyek wisata plangon berlokasi di kelurahan Babakan kecamatan Sumber 10 km dari kota Cirebon. Tempat rekreasi dengan panorama alam yang indah yang di huni oleh sekelompok kera liar. Selain tempat rekreasi, terdapat juga makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan .
Dari mana asal monyet-monyet itu ? tidak ada yang tahu pasti, darimana asal monyet tersebut, apakah memang sudah ada dari dulunya, atau hewan peliharaan Pangeran Panjunan dan Pangeran Kajaksan. Yang jelas, monyet-monyet tersebut telah berada di hutan Plangon dan berkembang biak dengan baik.
 
 
Mereka setiap saat menunggu kedatangan pengunjung yang membawa makanan, biasanya kacang-kacangan yang juga banyak dijual oleh penduduk setempat, monyet-monyet itu sering tidak sabar menunggu makanan diberikan, mereka tidak segan untuk menyerobot makanan yang dibawa pengunjung atau bahkan masuk mobil dan ngambil apa saja yang ada didalam mobil.
 
Sedangkan wisata religi, setiap tahunnya puncak acaranya biasa di masa ziarah Plangon tgl 2 syawal, 11 Dzulhijjah dan 27 Rajab. Setiap puncak acara tak kurang dari 58 ribu pengunjung yang datang ke objek wisata ini. Selamat berwisata!.
 
 
Menurut salah seorang warga di lokasi objek wisata Plangon bernama, Yudi mengatakan, didaerah lokasi wisata alam ini terdapat tiga kelompok kera-kera liar.” Kalau yang berada diluar khususnya dipinggir jalan merupakan kelompok utama yang berjumlah sekitar seratusan ekor dan kelompok kedua berada di lokasi makam dan kelompok ke tiga berada di bahagian dalam hutan,” ujarnya.**

Disadur dari berbagai sumber. 
 
 http://ariechicarito.blogspot.com/2013/06/objek-wisata-plangon-di-cirebon.html

Posting Komentar

0 Komentar