Penemuan Arca Ganesha

PENEMUAN ARCA GANESHA : Patung Misterius Gegerkan Warga Bantul

Dua siswa melihat dari dekat arca Ganesha yang ditemukan di Banguntapan, Bantul, Rabu (31/7/2013).

Harian Jogja.com, BANTUL—Sebuah benda purbakala yang diketahui sebagai arca ganesha (gajah), ditemukan di Dusun Ironayan, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Bantul.

Arca setinggi hampir satu setengah meter itu diduga merupakan peninggalan kerajaan Mataram Hindu pada abad ke-9 dan abad ke-10. Hingga Rabu (31/7/2013), arca itu masih menjadi tontonan warga sekitar.

Arca pertama kali ditemukan pada Selasa (30/7/2013 ) saat seorang operator alat berat (backhoe) tengah menggali selokan di Dusun Ironayan, dalam rangkaian proyek pembangunan Jembatan Ironayan yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul bekerjasama dengan perusahaan rekanan.

Patung Ganesha itu pertama kali ditemukan tergeletak dengan posisi menelungkup. Saat diangkat, diketahui benda itu ternyata arca berbentuk gajah duduk atau biasa disebut ganesha.

Sutanto, 53, warga Ironayan yang rumahnya persis berada di tempat penemuan arca mengatakan, sempat terdengar bunyi keras saat backhoe menghantam tubuh arca ganesha. Warga berinisiatif mengangkatnya ke permukaan di depan rumah Sutanto.

“Waktu itu kondisinya masih tertutup tanah. Pas sore hari, anak-anak penasaran dan dibersihkan dengan peralatan seadanya hasilnya ternyata patung ganesha seperti sekarang,” tutur Sutanto saat ditemui di lokasi penemuan, Rabu (31/7/2013).

Posting Komentar

0 Komentar