Air Terjun (Curug) Silawe

Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang

Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang

Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang
Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang

Lokasi
Terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah
Peta dan Koordinat GPS: S 07.45820’ dan E 110.07240 
Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang

Curug Silawe terletak di sebelah selatan lereng Gunung Sumbing di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 500 m dpl.   Curug yang berketinggian sekitar 60 m tersebut terdiri dari dua.  Yang pertama adalah yang berdebit air besar dan yang kedua berdebit kecil.  Untuk yang pertama sering disebut dengan Curug Silawe seakan-akan seperti Lawe (sarang laba-laba dalam bahasa Jawa).  Bagian bawah dari curug ini terdapat semacam kolam yang terbentuk akibat hempasan air dari atas tebing.  Di kalom ini pengunjung dapat bermain air karena memang tidak terlalu dalam airnya.
Curug yang kedua bernama curug sigong, meski berukuruan lebih kecil dan lebih rendah daripada curug silawe, namun tidak mengurangi keindahan curug ini,  seperti halnya curug silawe, dinding curug sigong dipenuhi dengan pepohonan yang hijau dan rindang. Keindahan alam ditempat ini memang tidak diragukan lagi, ditempat ini anda bisa menenangkan pikiran, dan lebih mendekat diri anda dengan alam, jauh dari kehidupan kota yang sudah tidak nyaman lagi. Tempat wisata ini bisa anda jadikan tujuan wisata bersama keluarga maupun teman dekat anda.Untuk biaya masuk wisata alam curug silawe ini dikenakan biaya Rp. 2.000/ orang, dan untuk parkir dikenakan biaya Rp.1.000/ unit.
Kedua curug ini dikala musim kemarau tidak banyak airnya.  Setiap sebelum bulan puasa dimulai, warga sekitar air terjun ini acapkali mengadakan ritual yang sering disebut “Ngloro Sengkolo”, dimana dalam ritual tersebut diharuskan membawa gunungan hasil panen milik warga setempat dengan cara diarak dari Lapangan Sutopati sampai Curug Silawe .  Dalam ritual ini selain untuk membersihkan diri baik batin maupun fisik juga menandakan rasa syukur kepada yang maha kuasa atas limpahan rezeki yang mereka terima dari hasil pertanian selama satu tahun.
Objek wisata ini telah dikelola oleh pemda dan masyarakat setempat. Pemda mendapat pemasukan sebesar 40% dari total penjualan tiket masuk. Jarak yang ditempuh dari pintu masuk menuju air terjun pun tidak begitu jauh hanya sekitar 100 meter. Keamanan serta kenyamanan menuju air terjun pun dijamin karena telah dibangun jalan setapak dan pembatasnya. Namun yang masih sulit untuk ditangani adalah banyaknya sampah yang berserakan karena kurang sadarnya pengunjung untuk membuang sampah serta kurangnya fasilitas tempat sampah di tempat tersebut.
 
Daerah yang merupakan perbatasan antara Magelang dan Wonosobo ini mempunyai udara yang sejuk karena berada di daerah pegunungan. Di kanan kiri kita dapat melihat pemandangan pohon cemara yang tertata rapi serta tumbuhan perkebunan yang ditanam oleh penduduk sekitar seperti cabai, tembakau dan sayur-sayuran lainnya. Sayangnya pemandangan itu pun hanya bisa terlihat sampai jam 4 sore, karena setelah itu kabut tebal dan dingin pun mulai menyelimuti daerah tersebut. Masyarakat desa bangsri juga sering menggunakan daerah sekitar curug silawe untuk daerah perkemahan serta outbund. Jika anda berkunjung pada musim-musim tahun ajaran baru, anda akan banyak melihat siswa maupun mahasiswa yang mengadakan kegiatan disana.
Aksesbilitas
Berarak sekitar 40 km dari kota Magelang.  Dapat kita tempuh dari arah kota Magelang maupun dari candi Borobudur. Masing-masing mungkin akan memakan waktu sekitar 30-45 menit untuk sampai ke sana.
JIka berangkat dari kota Magelang, jalur yang diambil adalah arah Bandongan – Kaliangkrik – Sutopati.  Sedangkan jika dari arah Candi Borobudur maka jalur yang diambil adalah kearah Purworejo,  Setelah melewati SPBU sekitar 2.5 km, akan ditemui pertigaan Krasak. Di pertigaan ini ambil jalur kekanan, kearah Kaliangkrik.  Setelah sekitar 11 km perjalanan nantinya akan ditemui pertigaan dengan pembatas ditengahnya. Ambil jalur ke kiri kearah kalurahan Sutopati. Jika lurus sekitar 500m akan sampai ke pasar Kaliangkrik dan sampai kota Magelang.
Dari pertigaan ini sampai perempatan Kalurahan Sutopati jaraknya sekitar 2 Km dengan aspal yang masih mulis. Di perempatan Balai Desa Sutopati, setelah SD Sutopati 2 ini, kita ambil jalur yang lurus menanjak. Dari sini jalan sudah mulai sempit dan jika 2 mobil berpapasan, harus ada yang berhenti dan menepi dahulu meskipun jalan masih dilapisi aspal, namun merupakan kualitas aspal jalan kampong. Sekitar 1 km kemudian aspal habis dan jalan hanya dilapisi dengan tatanan batu sehingga agak menyulitkan untuk pengendalian kendaraan, apalagi beberapa tanjakan begitu curam dan tinggi.  Jalur jalan 2 km menuju lokasi ini pun menampilkan pesona alamnya yang eksotik.
Dari tempat parkir kendaraan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 m menuruni jalan setapak berbatu yang sudah dibuat tangga dengan semen. 
Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2000 per orang plus asuransi jasa raharja Rp250.  Biaya parkir adalah Rp 1000 untuk kendaraan roda dua
Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang ada di sekitar lokasi antara lain tempat parkir walaupun tidak luas, warung-warung makan yang dijajakan di sekitar lokasi oleh warga setempat dan toilet.
Sekian artikel mengenai Air Terjun (Curug) Silawe - Magelang.
Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi.
 
http://airterjuninside.blogspot.com/2013/08/air-terjun-curug-silawe-magelang.html
 
# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution juga menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara",
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198


 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaikdan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook


 

Posting Komentar

0 Komentar