Peringati SO 1 Maret


 

Peringati SO 1 Maret
Ratusan Pesepeda Ngecat Jembatan Kewek Yogya

 
Yogyakarta, - Para pemuda berkumpul di Jembatan Kewek, Kotabaru, Yogyakarta mengenang kembali peristiwa Serangan Oemum 1 Maret. Mereka yang berasal dari berbagai komunitas sepeda ini, memperingati SO 1 Maret dengan mengecat Jembatan Kewek. Jembatan bersejarah yang telah kotor oleh sampah visual ini diputihkan oleh para pemuda.

Koordinator aksi, Digie Sigit mengatakan, jembatan kewek pada masa itu diduduki para pejuang untuk melumpuhkan pasukan Belanda. Mereka melepas rel kereta yang digunakan untuk mengirim logistik pasukan Belanda. Sehingga penjajahpun kesulitan logistik.

"Sayang jembatan bersejarah dan penuh makna ini, sekarang kotor oleh sampah visual. Dinding jembatan dipenuhi dengan iklan komersil," kata Digie, di Jembatan Kewek, Yogyakarta, Jumat(1/3/2013).

Melihat kondisi yang dianggap menyedihkan itu, mereka tergerak untuk membersihkan bangunan cagar budaya tersebut. Dengan dana hasil iuran para pesepeda, mereka memutihkan Jembatan Kewek. Aksi ini sekaligus menolak, tempat-tempat bersejarah di Yogya hanya dijadikan tempat iklan.

"Mereka yang punya kewenangan untuk melarang, justru membiarkan tempat ini jadi kotor oleh sampah visual,"katanya.

Para pemuda ini mengkritik pemerintah, yang dinilai membiarkan tempat-tempat bersejarah menjadi tempat komersial dengan iklan-iklan.

(van/van)

http://news.detik.com/read/2013/03/01/211824/2183772/10/peringati-so-1-maret-ratusan-pesepeda-ngecat-jembatan-kewek-yogya?9922032

Posting Komentar

0 Komentar