11 Ide Menulis Puisi Yang Bagus

Penulis : Seha Publishing on Thursday, February 7, 2013 | 9:56 AM


Sebuah puisi mungkin mulai sebagai potongan ayat. Mungkin hanya satu atau dua baris yang tampaknya datang entah dari mana. 

Sisanya dari sebuah puisi, hanya perlu ditulis di sekitarnya. Berikut adalah beberapa ide membuat puisi yang bagus. 
Ide menulis puisi # 1 : Mengumpulkan berbagai buku puisi oleh penulis yang berbeda dari internet, dan mencetaknya 10 atau 12 puisi secara acak dan dilakukan secara offline.
Kemudian secara acak memilih garis keluar dari setiap puisi. Cobalah untuk fokus pada baris pertama. Bukan untuk melihat satu yang terbaik. Menulislah semua baris yang berbeda pada selembar kertas terpisah, dan mencoba untuk mengaturnya kedalam sebuah puisi yang koheren. Penjajaran dari dua baris yang sama sekali berbeda dari puisi, mungkin memberikan Anda ide puisi Anda sendiri.
Tuliskan semua kata dan frase yang menghampiri pikiran Anda. Biarkan diri Anda untuk meletakkan semua ide Anda dalam kata-kata. Ini mungkin terdengar sulit, tapi jangan takut untuk menyuarakan perasaan Anda yang tepat. Emosi adalah apa yang membuat puisi, dengan mudah lekat dalam kata-kata tersebut.
Menuliskannya secepat mungkin. Ketika Anda selesai, carilah daftar dan mencari koneksi atau item tertentu yang mendapatkan ide kreatif menulis anda mengalir.
Ide menulis puisi # 2 : Membaca dan mendengarkan puisi. 
Dapatkanlah ide menulis puisi dengan mencari karya penyair yang Anda kagumi. Jelajahi berbagai karya dari puisi yang secara luas dianggap mengandung lagu-lagu klasik popular. Saat Anda berinteraksi dengan puisi, maka estetika Anda ketika membuat puisi bisa menjadi lebih berbentuk dan halus. 
Temukan beberapa lirik lagu favorit Anda dan membacanya seperti puisi. Anda mungkin akan terkejut betapa ketika membaca halaman tersebut, bisa diucapkan atau dinyanyikan dengan suara keras.
Ide menulis puisi # 3 : Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan puisi Anda. 
Mungkin Anda ingin menulis sebuah puisi untuk mengekspresikan cinta Anda untuk pacar Anda. Mungkin Anda ingin memperingati peristiwa tragis. Atau Anda hanya ingin mendapatkan "A" di kelas puisi Anda. Pikirkan tentang mengapa Anda menulis puisi. Siapa audiens Anda, dan lanjutkan dalam tulisan Anda sesuai. 
Ide menulis puisi # 4 : Tentukan gaya puisi sesuai subjek Anda.
Anda dapat memilih untuk meninggalkan bentuk dan menulis puisi Anda dalam sajak bebas. Sementara, pilihan tidak selalu sejelas contoh di atas. Bentuk terbaik untuk puisi, biasanya akan memanifestasikan dirinya selama proses penulisan.
Ide menulis puisi # 5 : Pilih kata yang tepat. 
Ada yang mengatakan bahwa jika sebuah novel adalah "kata-kata dalam urutan terbaik," maka puisi adalah "kata-kata terbaik dalam urutan terbaik." 
Pikirkan kata-kata yang Anda gunakan sebagai blok dari berbagai ukuran dan bentuk puisi. Beberapa kata-kata akan cocok bersama-sama dengan sempurn. Bekerjalah pada puisi Anda sampai Anda, sampai ditemukan struktur kata-kata yang kuat.
Gunakan hanya kata-kata yang diperlukan yang dapat meningkatkan arti dari puisi Anda. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Perbedaan antara kata-kata yang terdengar mirip atau sinonim,  dapat menyebabkan permainan kata yang menarik.
Ide menulis puisi # 6 : Gunakan citra puisi Anda dengan deskripsi yang jelas. 
Puisi paling menarik ada beberapa cara untuk membantu pembaca sepenuhnya bisa tenggelam dalam teks. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda sedang membangun deskripsi sebuah puisi.
  • Cinta, benci, dan kebahagiaan: ini semua konsep-konsep abstrak. Banyak atau bisa jadi semua puisi jauh di lubuk hati, tentang emosi dan abstraksi lain. Namun demikian, sulit untuk membangun sebuah puisi yang kuat menggunakan abstraksi jika itu tidak menarik. Kuncinya adalah, mengganti atau meningkatkan abstraksi dengan gambar nyata. Konsep objektif korelatif mungkin berguna.Objektif korelatif adalah obyek, beberapa objek, atau serangkaian peristiwa (semua hal-hal konkret) yang membangkitkan emosi atau ide puisi itu.
  • Puisi yang benar-benar kuat, tidak hanya menggunakan gambar konkret, tetapi juga menggambarkannya secara jelas. Perjelas pembaca dan pendengar, dengan apa yang Anda bicarakan. Ini adalah kata-kata yang menggambarkan hal-hal yang Anda dengar, lihat, rasa, dan sentuh, sehingga pembaca dapat mengidentifikasi dengan pengalaman mereka sendiri.

Ide menulis puisi # 7 : Gunakan perangkat puitis untuk meningkatkan ‘kecantikan’ dan makna puisi Anda. 
Perangkat puitis yang paling terkenal adalah sajak. Sajak dapat menambah ketegangan ke jalur Anda, dan meningkatkan untuk membuat puisi lebih kohesif. Hal ini juga, dapat membuat puisi lebih cantik. 
Alat puitis lain yang bisa meningkatkan makna puisi Anda adalah, metafora, asonansi, aliterasi, dan pengulangan.Jika Anda tidak tahu apa ini, Anda mungkin ingin melihat dalam sebuah buku puisi atau mencari di google. Perangkat puitis dapat membangun sebuah puisi, atau, jika mereka membawa terlalu banyak perhatian kepada diri mereka sendiri, bisa merusaknya.
Ide menulis puisi # 8 : Tambahkan "giliran" untuk akhir puisi.
Simpan pesan yang paling kuat atau wawasan untuk akhir puisi Anda. Baris terakhir sebuah puisi adalah garis pukulan atau sesuatu yang membangkitkan respons emosional. Berikan pembaca untuk memikirkan sesuatu setelah membaca atau mendengarkan puisi Anda.  Menahan keinginan untuk menjelaskan itu, membiarkan pembaca menjadi terlibat dengan puisi dalam mengembangkan pemahaman tentang pesan puisi Anda.
Ide menulis puisi # 9 : Dengarkan puisi Anda. 
Banyak orang saat ini hanya menulis puisi saja. Padahal, suara puisi masih penting. Saat Anda menulis dan mengedit puisi Anda, bacalah keras-keras dan mendengarkan bagaimana kedengarannya. 
Struktur internal sebuah puisi umumnya berfokus pada ritme, sajak atau bisa jadi keduanya. Pertimbangkan gaya klasik seperti sonata dan epos Yunani untuk menggali inspirasi puisi Anda.
Banyak puisi ditulis dalam pentameter ciambik, seperti Shakespeare yang dimulai dengan sebuah kata, tanpa tekanan satu suku kata seperti untuk memulai pola bergantian.
Di sinilah puisi bisa menjadi lagu. Lebih mudah untuk menemukan sebuah lagu. Dan memungkinkan Anda untuk memotong kata-kata atau menaruh beberapa bagian untuk mendapatkan jumlah yang sama dari suku kata dalam setiap baris. Jika Anda percaya, maka mungkin orang lain akan belajar dan menyukai puisi Anda.
Ide menulis puisi # 10 : Mengedit puisi Anda. 
Ketika puisi dasar sudah ditulis, sisihkan waktu membaca puisi dengan suara keras. Seimbangkan pilihan kata-kata dengan irama. Ambil kata-kata yang tidak perlu dan mengganti citra yang tidak bekerja. 
Beberapa orang mengedit puisi sekaligus, sementara yang lain kembali ke sana lagi dari waktu ke waktu. Jangan takut untuk menulis ulang, jika beberapa bagian dari puisi ini tidak bekerja. Beberapa dapat diganti jika ada garis yang sama sekali tidak menyampaikan suatu elemen dengan baik.
Ide menulis puisi # 11 : Berbagi pekerjaan Anda. 
Hal ini mungkin sangat sulit karena akan mengritik puisi karya Anda sendiri. Setelah Anda melakukan edit awal, cobalah untuk mendapatkan beberapa teman atau kelompok puisi untuk melihat puisi Anda. Anda mungkin tidak menyukai semua saran mereka. Anda juga tidak harus mengambil salah satu dari mereka. Tetapi dengan begitu, Anda bisa menemukan beberapa wawasan yang akan membuat puisi Anda lebih baik. (disunting dari wikihow)
 
Sumber: http://sehabooks.blogspot.com 

Posting Komentar

0 Komentar