Selamat Datang di Web Blog Resmi Cikarsya Production. Web Blog ini menyajikan berbagai macam informasi yang kami produksi. Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan untuk menghubungi 089671454046 ( pelayanan 24 jam ) atau email : cikarsya@gmail.com 082138322722 ( pada jam kerja ) atau 085643455685 ( pada jam kerja ) Harga Paket Wisata : 1. Gua Pindul dan Rafting Oya Rp. 70.000,00 2. Dieng Plateau Rp. 150.000,00 3. Pulau Dewata Bali Rp. 550.000,00 4. Gunung Bromo Rp. 300.000,00 5. Wisata Pacitan Rp. 150.000,00 dan lain sebagainya.
Cikarsya Production :

Fungsi Hati

Written By admin on Kamis, 20 Juni 2013 | 23.29

Fungsi Hati


Hati pada manusia memiliki fungsi yang banyak, lebih dari 500 fungsi hati. Beberapa fungsi hati yang penting antara lain menetralisir racun dalam tubuh sebagai organ yang mengontrol lemak, asam amino dan kadar gula dalam darah, memerangi infeksi, memproses makanan yang sudah selesai dicerna oleh usus halus, mengatur kerja empedu, menghasilkan enzim dan protein yang berguna untuk berbagai proses dalam tubuh seperti dalam proses pembekuan darah dan perbaikan jaringan tubuh yang rusak.

Fungsi hati biasanya tetap akan berfungsi dengan baik tanpa dipengaruhi faktor umur. Namun, beberapa "musuh" yang dapat merusak hati antara lain karena konsumsi alkohol yang berlebihan, perlemakan hati dan virus hepatitis yang menyerang hati. Pemeriksaan dini terhadap fungsi hati dapat menyelamatkan hati agar dapat tetap menjalankan fungsinya.


Pemeriksaan Fungsi Hati

Pemeriksaan terhadap fungsi hati secara umum meliputi Alanine aminotransferase (ALT), Aspartarte aminotransferase (AST), Alkaline phosphatase (ALP), Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT), Bilirubin, Albumin, pemeriksaan massa prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR).
Masing-masing pemeriksaan tersebut menjadi petunjuk untuk mengetahui apakah ada masalah pada fungsi hati atau tidak. Hasil yang ingin diketahui dari pemeriksaan yang telah disebutkan sebelumnya adalah:
  • Alanine aminotransferase (ALT) dan Aspartarte aminotransferase (AST)

    Pemeriksaan Alanine aminotransferase (ALT) dan Aspartarte aminotransferase (AST) bertujuan untuk mengetahui inflamasi yang terjadi dalam tubuh. Angka yang tinggi biasanya menjadi indikasi adanya gangguan hati. Pada penderita hepatitis, nilai ALT 20-50 kali lebih tinggi dibanding pada orang yang normal. Nilai AST yang tinggi menunjukkan adanya gangguan otot pada salah satu bagian tubuh.
  • Alkaline phosphatase (ALP)

    Pemeriksaan Alkaline phosphatase (ALP), bertujuan untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada saluran empedu.
  • Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT)

    Pemeriksaan Gamma glutamyl transferase (GGT atau Gamma GT), bertujuan sebagai indikator untuk para pengguna alkohol. Pemeriksaan GGT ini biasa dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan ALP untuk meyakinkan bahwa kenaikan angka pada ALP disebabkan karena adanya masalah pada hati, bukan karena faktor lain.
  • Bilirubin

    Pemeriksaan Bilirubin, bertujuan untuk mengetahui kadar "penyakit kuning" karena gangguan pada hati. Angka yang tinggi menggambarkan bahwa pasien mengalami gangguan tersebut yang biasa ditandai dengan mata dan kulit yang menjadi kuning.
  • Albumin

    Pemeriksaan Albumin, bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar albumin yang biasa terjadi pada penyakit hati kronik. Tetapi, penurunan albumin juga bisa disebabkan karena kekurangan protein.
  • Massa Prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR)

    Pemeriksaan Massa Prothrombin (PT) dan International Normalised Ratio (INR), bertujuan sebagai indikasi apakah penyakit hati semakin buruk atau tidak. Peningkatan angka menunjukkan penyakit kronik menjadi semakin buruk.
Jika ada kecurigaan penderita mengalami kanker hati, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya, pemeriksaan kadar protein dalam darah yang disebut Alpha fetoprotein (AFP). Kenaikan nilai AFP menunjukkan tingkat parahnya kanker hati yang diderita, sedangkan penurunan nilai AFP menujukkan menjinaknya kanker karena pengobatan yang berhasil. Pemeriksaan ini sangat penting pada penderita kanker untuk memantau efektivitas pengobatan yang sedang dilakukan. Pada penderita kanker bilier, pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah CA 19-9 dan CEA.
Pemeriksaan hati yang rutin sangat baik untuk memastikan agar organ ini dapat terus bekerja secara maksimal. Hindari sakit hati dengan melakukan pemeriksaan fungsi hati sebelum terlambat.

http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/406-periksa-fungsi-hati.html
Share this article :

Poskan Komentar

LAYANAN SMS GRATIS

setelah setahun terhenti, insya Allah SMS Community akan berjalan lagi.

minat langganan status via sms, cukup ketik : IKUT ssbscommunity kemudian kirim ke 082-110-001-021

jika gagal berarti ada salah penulisan "IKUT ssbs community" nya.

untuk semua operator GSM.

# gratis sampai kapan pun

!! PESAN ADMIN !!

Kami selalu menghimbau agar semua member agar tetap mewaspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya On-Line, Intive, Inc dan SSBS Community karena kami tidak memungut biaya sepersen pun sebelum kesepakatan kedua belah pihak disepakati.

Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Mohon untuk menanyakan terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

Contact Admin : 089671454046

Untuk melakukan Pemesanan silahkan klik cara pemesanan

Untuk mengetahui paket wisata silahkan klik Paket Wisata

Untuk mengetahuin paket catering silahkan klik Paket Catering

Untuk mengetahui paket privat silahkan klik Paket Privat

Untuk mengetahui Paket Kaos silahkan klik Paket Kaos

Untuk mengetahui Paket Backpaker dan Adventure silahkan klik Paket Backpaker dan Adventure

Untuk mengetahui Testimoni silahkan klik Testimoni

Untuk mengetahui Tentang Kami silahkan klik Tentang Kami