Imbal Jasa Lingkungan Danau Toba

 
Imbal Jasa Lingkungan Danau Toba Minim

Forumhijau.com — Kalangan konsultan lingkungan mengungkapkan kinerja setoran atas imbal jasa lingkungan #DanauToba hingga kini masih tergolong minim. Sebab banyak perusahaan maupun pelaku usaha yang belum memiliki kepedulian dan tanggung jawab atas dampak kerusakan lingkungan di danau terbesar di Asia Tenggara itu.

“Padahal imbal jasa lingkungan atau Paymaents for Environmental Services (PES) merupakan salah satu regulasi lingkungan di Indonesia ,” ujar konsultan lingkungan daerah aliran Sungai Asahan Toba, Robert Tua Siregar, beberapa waktu lalu.

Diakuinya, regulasi yang mengatur tentang imbal jasa lingkungan masih bersifat sektoral, tidak komprehensip serta belum banyak didiskusikan.

Menurut dia, kebutuhan regulasi tentang jasa lingkungan dan imbal jasa akan memberi landasan hukum bagi terciptanya mekanisme insentif atau kompensasi ekonomis diantara penyedia (providers) dan pengguna jasa lingkungan.

“Tujuan pengelolaan jasa lingkungan hidup, untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya.

Selain itu, menumbuhkan tanggung jawab dan kerjasama multi pihak dalam perlindungan dan pengelolaan hidup. Kemudian mengembangkan instrumen ekonomi maupun sumber daya alam di daerah.

Ia menyebutkan, #hutan Indonesia luasnya berkisar 133 juta hektar dan telah terdegradasi sekitar 59,7 juta hektar dengan laju degradasi 1,08 juta hektar per tahun serta lahan kritis sebesar 30.196.799,92 hektar.

“Hutan dinilai sangat berperan dalam menyediakan sumber tenaga atau enegi dan merekatkan tingkat peradaban manusia antar generasi. Serta merupakan otot bagi peradaban manusia itu sendiri,” terang Robert.

Robert menambahkan, kemampuan #ekosistem hutan alam dalam menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan untuk menyangga kehidupan di muka bumi ini sangat besar.

“Jasa lingkungan yang dapat dihasilkan oleh ekosistem hutan tidak dapat digantikan oleh hasil teknologi yang mampu diciptakan umat manusia,” katanya.

Sementara itu, Regional Fasilitator Strengthening Community Based Forest and Watershed Management (SCBFWM) Sumut Khairul Rizal mengatakan, analisis skema PES daerah aliran sungai (DAS) Asahan Toba, merupakan bentuk pembayaran publik dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

Dikatakannnya, DAS Asahan Toba ditujukan untuk upaya konservasi sumber daya lahan dan air. Kemudian menggali dan mengembangkan potensi kearifan lokal dalam wujud partisipasi masyarakat, baik perorangan maupun kelompok.

”Imbal jasa lingkungan diberikan sebagai insentif berdasarkan kuantitatif dan kualitatif partisipasi masyarakat terhadap kelestarian sumber daya lahan dan air yang dilaksanakan secara objektif, adil dan terbuka,” ujar Khairul.

- Terkait: #FHI_Lahan

©[ www.forumhijau.com | FHI/Metrosiantar]

Follow us: @ForumHijau_ID


# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

0 Komentar