Nelayan Indonesia dan Terumbu Karang



Antara Hiu, Nelayan Indonesia dan Terumbu Karang

Forumhijau.com - Sebuah penelitian terbaru yang rencananya baru akan dimuat dalam jurnal PLoS ONE edisi 28 September, menguak kenyataan, bahwa pengambilan ikan hiu secara berlebihan (dan menunjuk hidung kepada #nelayan Indonesia) ternyata berdampak negatif bagi terumbu karang.

Penelitian ini dilakukan dengan melakukan kajian monitoring jangka panjang terhadap terumbu karang di sisi barat laut Australia, meliputi areal seluas 300 kilometer persegi, dimana beberapa dari terumbu karang ini adalah wilayah yang dilindungi, dan selebihnya terbuka untuk pengambilan oleh nelayan Indonesia yang menggunakan teknik pengambilan #ikan tradisional.

Nelayan Indonesia memiliki kecenderungan untuk mengambil spesies yang bernilai tinggi seperti ikan #hiu – sebuah tradisi yang telah berlangsung berabad lampau, dan masih dilestarikan dibawah MoU antara pemerintah Australian-Indonesia.

Dalam penelitian ini penulis penelitian ini, Jonathan Rupert dari Universitas Toronto di Kanada serta Team leader Mark Meekan, dari Australian Institute of Marine Science (AIMS), membandingkan beberapa struktur terumbu karang yang berbentuk seperti atol.

“Wilayah penelitian kami, cukup mewakili untuk menggambarkan kepada kita, akibat yang dihasilkan dari pengambilan berlebihan terhadap ikan hiu terhadap ketahanan terumbu karang, dan akibat lain yang lebih luas, dalam konteks tekanan perubahan iklim, yang mengancam terumbu karang,” ungkap Ruppert.

“Pengambilan ikan hiu memberikan dampak yang dramatis bagi ekosistem terumbu karang.”

Tracking studi yang dilakukan melalui beberapa kasus, menyimpulkan bahwa seekor "reef shark" memiliki "keterikatan" kepada terumbu karang di satu wilayah tertentu. Hal ini dapat diartikan bahwa meskipun sebuah Marine-Protected Area yang sempit sekalipun, masih efektif dalam mencukupi kebutuhan sang top-level predator samudra.

“Jika jumlah ikan hiu berkurang akibat pengambilan secara berlebihan, hal ini juga akan menurunkan jumlah ikan-ikan pemakan tumbuhan yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan terumbu karang.”

“Hasil analisis kami memperlihatkan bahwa, dimana terjadi penurunan jumlah ikan hiu, kami juga melihat perubahan yang fundamental dalam struktur rantai makanan terhadap terumbu karang,” ungkap salah satu penulis penelitian ini, Mark Meekan.

“Kami melihat adanya kenaikan jumlah predator menengah seperti ikan kakap, dan menurunnya jumlah ikan herbivora seperti ikan Kokatau atau Parrotfish. Ikan ini sangat penting untuk kesehatan terumbu karang karena mereka memakan ganggang yang akan menyulitkan terumbu karang muda untuk tumbuh.”

Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa terumbu karang yang langka ikan hiu akan lebih lambat untuk mengembalikan kondisi akibat proses kerusakan jangka panjang, seperti angin topan dan pemutihan karang.

Selain itu hasil penelitian ini juga menyarankan bahwa perlindungan maksimum terhadap terumbu karang dari pengambilan ikan hiu, walaupun luasan terumbu karang tidaklah luas, bisa membuat ekosistem ini lebih tahan terhadap perubahan iklim.

“Tingkat kesehatan hiu-hiu di sekitar terumbu karang bisa menjadi indikator pengelolaan untuk memastikan tingkat ketahanan #ekosistem terumbu karang,” menurut kesimpulan para ahli.

- Terkait: #FHI_Laut

©[ www.forumhijau.com | FHI/Plosone]

Follow us: @ForumHijau_ID


# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

0 Komentar