Wajib Pajak Masih Takut Bikin NPWP

Wajib Pajak Masih Takut Bikin NPWP

JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Pajak tampaknya harus lebih rajin menjelaskan tentang Sunset Policy kepada para Wajib Pajak pribadi maupun badan. Sebab, saat ini masih banyak wajib pajak yang enggan membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan memperbaiki data Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT).
Wajib Pajak khawatir Sunset Policy hanya jebakan
Sementara, Ditjen Pajak malah tengah merancang peraturan yang akan memaksa perusahaan menjadi eksekutor pemotong gaji karyawan untuk pembayaran pajak dan dendanya jika belum memiliki NPWP. Peraturan itu juga akan mengharuskan perusahaan menyerahkan seluruh data karyawan kepada kantor pajak (KONTAN, 22 Agustus 2008).
Buat aparat pajak, perintah pada perusahaan ini seolah menjadi jalan pintas karena sampai sekarang di sejumlah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jakarta, wajib pajak yang membuat NPWP dan memperbaiki SPT masih bisa dihitung dengan jari, "Dikantor Pelayanan Pajak (KPP) Setiabudi 3, misalnya, Wajib Pajak badan yang memanfaatkan Sunset Policy baru satu,"kata sumber KONTAN. Padahal batas waktu untuk membuat NPWP dan memperbaiki SPT adalah akhir tahun ini. Mulai awal 2009, denda PPh berlaku bagi Wajib Pajak yang tak ber-NPWP.
Sekadar mengingatkan Sunset Policy adalah program Ditjen Pajak untuk memperluas jumlah Wajib Pajak di Indonesia. Ditjen Pajak akan memberi fasilitas perpajakan berupa penghapusan denda tarif pajak penghasilan (PPh). Syaratnya, setiap wajib pajak harus memiliki NPWP dan memperbaiki data yang ada dalam SPT. Sedangkan bagi wajib pajak yang tidak memiliki NPWP dan tidak memperbarui data SPT, Ditjen Pajak akan mengenakan tarif PPh yang lebih tinggi.
Menurut Konsultan Pajak Hendra Wijana, sejumlah kliennya masih enggan membuat NPWP atau memperbaiki SPT. "Mereka takut program sunset policy ini sebuah jebakan,"kata Hendra.
Bila mereka membuat NPWP dan memberikan data terbaru, aparat pajak tentu bisa mengungkit-ngungkit lagi data itu. Akibatnya, pembayaran pajak pun makin mencekik leher.
Para pengusaha mengakui khawatiran yang diungkapkan Hendra itu. Sebab Sunset Policy masih memiliki banyak wilayah abu-abu. Misalnya, ketentuan bahwa aparat pajak bisa mengungkit wajib pajak bila memiliki data baru atau novum. "Definisi data baru atau novum harus diperjelas. Saya mengusulkan ada aturan yang memperjelas hal-hal yang masih abu-abu,"kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Jumat (22/8) kemarin.
"Kekhawatiran itu juga akibat kemampuan atau pengetahuan aparat pajak tentang kebijakan ini masih terbatas,"timpal Ketua Komite Tetap Pajak Kadin Indonesia Prijohandoyo.
Ditjen Pajak juga mengakui, bahwa mereka akan meminta keterangan dari wajib pajak bila ada data baru atau keterangan lain. Namun Ditjen Pajak berjanji akan merahasiakan penuh semua data dan keterangan wajib pajak. "Jadi, wajib pajak tidak perlu merasa takut datanya akan dikutak-kutik,"kata Kepala Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan Ditjen Pajak Kismantoro Petrus.
Martina Prianti, Umar Idris
Harian Kontan, 23 Agustus 2008

http://www.pajakonline.com/engine/artikel/art.php?artid=3006
 


# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

0 Komentar