Bandar Udara Internasional Kualanamu

Bandar Udara Internasional Kualanamu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Internasional
Kualanamu

Kualanamu International Airport
Kuala-Namu.jpg
Apron Bandar Udara Kualanamu
IATA: KNOICAO: WIMM
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pemilik Pemerintah Indonesia
Pengelola PT Angkasa Pura II
Melayani Medan, Sumatera Utara
Lokasi Deli Serdang, Sumatera Utara
Penghubung untuk
Kota fokus untuk Medan, Sumatera Utara
Dibuka 25 Juli 2013
Koordinat 3°38′32″LU 98°52′42″BTKoordinat: 3°38′32″LU 98°52′42″BT
Situs web http://kualanamu-airport.co.id/
Peta
KNO is located in Sumatra Topography
KNO
Lokasi Bandara di Sumatera
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
m ft
05/23 3.750 12.303 Aspal
Bandar Udara Internasional Kualanamu (IATA: KNOICAO: WIMM) adalah sebuah bandar udara internasional yang melayani kota Medan dan sekitarnya. Bandara ini terletak 39 km dari kota Medan. Bandara ini adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Lokasi bandara ini merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa yang terletak di Beringin, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pembangunan bandara ini merupakan bagian dari MP3EI, untuk menggantikan Bandar Udara Internasional Polonia yang telah berusia lebih dari 85 tahun. Bandara Kualanamu diharapkan dapat menjadi bandara pangkalan transit internasional untuk kawasan Sumatera dan sekitarnya. Bandara ini mulai beroperasi sejak 25 Juli 2013 meskipun ada fasilitas yang belum sepenuhnya selesai dikerjakan.

Sejarah

Latar belakang pembangunan

Pemindahan bandara ke Kualanamu telah direncanakan sejak tahun 1992. Dalam kunjungan kerja ke Medan oleh Menteri Perhubungan saat itu, Azwar Anas, berkata bahwa demi keselamatan penerbangan, bandara akan dipindah ke luar kota.

Persiapan pembangunan diawali pada 1 Agustus 1997, namun krisis moneter yang dimulai pada tahun yang sama kemudian memaksa rencana pembangunan ditunda. Sejak saat itu kabar mengenai bandara ini jarang terdengar lagi, hingga kecelakaan pesawat Mandala Airlines terjadi pada 5 September 2005. Kecelakaan ini menewaskan Gubernur Sumatera Utara Tengku Rizal Nurdin dan juga menyebabkan beberapa warga yang tinggal di sekitar wilayah bandara tewas akibat letak bandara yang terlalu dekat dengan pemukiman. Hal ini menyebabkan munculnya kembali seruan agar bandara udara di Medan segera dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai. Selain itu, kapasitas Polonia yang telah melebihi batasnya juga merupakan salah satu faktor direncanakannya pemindahan bandara.

Rencana pembangunan selama bertahun-tahun terhambat masalah pembebasan lahan. Pada 1 Juli 2006, baru 1.650 hektaree lahan yang telah tidak bermasalah, sementara lahan yang dihuni 71 kepala keluarga lainnya masih sedang dinegosiasikan. Pada 1 November 2006 dilaporkan bahwa Angkasa Pura II telah menyelesaikan seluruh pembebasan lahan.[1]

Perkembangan

Pada 1 November 2011, bandara ini telah 70% selesai dan direncanakan selesai 100% pada tahun akhir 2012 yang termasuk jalan raya nontol, jalur kereta api & jalan raya tol yang akan dibangun setelahnya.[2]

Pada awal tahun 2013, perkembangannya telah mencapai 95%. Pada 10 Januari 2013, bandara ini melakukan percobaan sistem navigasi dan teknis. Bandara ini dibuka pada 25 Juli 2013.[3]

Pada 27 Maret 2014, bandara ini diresmikan operasionalnya oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan peresmian pembangunan beberapa bandara di Pulau Sumatera.[4]

Fasilitas dan infrastruktur

Interior ruang tunggu Bandara Kualanamu

Tahap I bandara dapat menampung 8,1 juta-penumpang dan 10.000 pergerakan pesawat per tahun,[5] sementara setelah selesainya tahap II bandara ini rencananya akan menampung 25 juta penumpang per tahun.
 
Luas terminal penumpang yang akan dibangun adalah sekitar 6,5 hektaree dengan fasilitas area komersial seluas 3,5 hektaree & fasilitas kargo seluas 1,3 hektaree. Bandara Internasional Kualanamu memiliki panjang landas pacu 3,75 km yang cocok untuk didarati pesawat sebesar Boeing 747 & mempunyai 8 garbarata. Walaupun fasilitasnya belum terpasang, bandara ini sanggup didarati oleh pesawat penumpang Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara keempat di Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai & Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Maskapai penerbangan

Terminal penumpang

Maskapai Tujuan Terminal
AirAsia Kuala Lumpur Internasional
Citilink Bandung, Batam, Jakarta-Soekarno Hatta Domestik
Garuda Indonesia Bandung, Batam, Jakarta-Soekarno Hatta, Surabaya Domestik
Indonesia AirAsia Jakarta-Soekarno Hatta, Pekanbaru Domestik
Indonesia AirAsia Kuala Lumpur Internasional
Lion Air Banda Aceh, Bandung, Batam, Jakarta-Soekarno Hatta, Padang-Minangkabau, Pekanbaru, Surabaya Domestik
Malaysia Airlines Kuala Lumpur Internasional
Manunggal Air Service Sibolga, Sinabang Domestik
Saudi Arabian Airlines Jeddah, Madinah, Riyadh Internasional
Singapore Airlines Singapura Internasional
Sriwijaya Air Banda Aceh, Batam, Jakarta-Soekarno Hatta, Padang-Minangkabau, Domestik
Susi Air Kutacane, Meulaboh, Padang Sidempuan, Pasir Pengaraian, Sibolga, Silangit, Sinabang, Singkil Domestik
SMAC Charter: Dumai, Kutacane, Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga Domestik
Wings Air Gunung Sitoli, Lhokseumawe, Meulaboh, Padang Sidempuan, Sabang, Sibolga Domestik

Terminal kargo

Maskapai Tujuan
Cargo Garuda Indonesia Bandung, Batam, Jakarta-Soekarno Hatta, Surabaya

Transportasi Darat

Kereta Api

Kereta bandara meninggalkan Stasiun Kualanamu

Pembangunan Tahap I disertai pula oleh pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Araskabu di kecamatan Beringin ke bandara yang berjarak sekitar 450 meter. Stasiun Araskabu sendiri terhubung ke Stasiun Medan dengan jarak 22,96 kilometer. Jarak tempuh dari Medan hingga Kuala Namu berkisar 30-47 menit (kereta menuju bandara diprioritaskan dalam penggunaan rel tunggal Medan-Kualanamu). Stasiun di bandara sudah jadi dan telah dioperasikan sejak 25 Juli 2013. Harga tiket kereta api Kualanamu-Medan PP adalah Rp80.000.00. Frekuensi perjalanan terus ditingkatkan, dari awalnya 13 kali per arah pada awal pengoperasian, meningkat menjadi 17-18 perjalanan, dan mulai Mei 2014, 20 kali per arah. Pada awalnya kereta api yang dipakai adalah KRDE buatan INKA, lalu pada November 2013 kereta baru dari Korea Selatan yang dilengkapi Wi-Fi mulai digunakan menggantikan KRDE INKA. Layanan kereta api ini dioperasikan oleh PT Railink yang merupakan perusahaan patungan PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia. Kereta api ini merupakan kereta api bandara pertama di Indonesia.

Bus

Bandara ini terhubung melalui angkutan bus dengan dengan kota Medan, Binjai, Pematangsiantar, Kabanjahe, dan Gunung Sitoli.[6]

Mobil

Terdapat jalan arteri yang menghubungkan kota Medan & bandara. Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi saat ini sedang dalam tahap pembuatan. Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan tol ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera.

Insiden

Pada 18 Mei 2013, sebuah pesawat Boeing 737-400 Malaysia Airlines yang seharusnya mendarat di Bandar Udara Internasional Polonia, nyaris mendarat di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Pesawat ini belum sempat mendarat akan tetapi roda pesawat sudah dikeluarkan. Begitu pilot sadar bahwa bandaranya salah ia langsung menerbangkan pesawat kembali. Pesawat ini mendarat di Bandar Udara Internasional Polonia dengan selamat.

Referensi

Pranala luar

Operator Rute Lokasi
Damri Terminal Amplas Medan
Damri Plaza Medan Fair Medan
Almasar Jalan Cemara Medan
ALS Jalan Ring Road Medan
ALS Binjai Super Mall Binjai
Paradep Jalan Sutomo Pematang Siantar
Almasar Kabanjahe Kabanjahe


ayo invite BB 7A722B86 dan 7CB1A2A1
ayo join WA 085.643.455.685 dan 089.636.260.351
yuk's like @[178190515563030:1]
mau kenal dengan admin ?? silahkan add fb Syarifain Ghafur
insya Allah bermanfaat.


Ayo Join Cikarsya.com



mohon bantuannya untuk menyebarluaskan status ini :) :) :). dan jangan lupa untuk like https://www.facebook.com/pages/Syarifain-Ghafur/178190515563030?ref=hl untuk mendapatkan status-status yang lain.

pokoknya bantuin #share #like dan #comment ya :) :) :)

kami mempersembahkan artikel-artikel yang insya Allah akan menginspirasi.

jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

mau join sms gratis ?? kali ini dikhususkan kepada pengguna kartu Three silahkan untuk melakukan pendaftaran dengan cara, ketik : DAFTAR_Nama Lengkap_Kota Tinggal_Alamat Email kemudian kirimkan ke 089671454046.
Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + CikarsyaSolution untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar Wisata Indonesia, Resep Makanan Gratis, Download Soal Gratis, Penawaran Design Jaket, Kemeja dan Koas, Dowload Film dan Download Software Gratis terbaru. Mau tukar follow maka tinggalkanlah pesan yang baik.


Mawi Tour and Travel merupakan salah satu penyedia jasa layanan wisata di Indonesia yang berkantor di Yogyakarta. Mawi Tour and Travel merupakan nama terbaru dari Cikarsya Tour and Travel.

Untuk melakukan pemesanan bisa langsung menghubungi :
Head Office : Sunten RT 08/32 Jomblangan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198
Telp. 089671454046 Email : cikarsya@gmail.com

Kami juga menyediakan paket wisata Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau, Wisata Karimun Jawa, Wisata Bali, Wisata Bandung, Wisata Pangandaran, Wisata Rafting Sungai Elo dan Sungai Progo dan Paket Wisata lainnya.

Waspadai berbagai macam penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya Solution karena kami tidak pernah memungut biaya sedikitun sebelum kesepakatan kedua pihak disepakati.

Untuk melihat foto-foto kami bisa mengunjungi cikarsya.com 'klik' saja. Untuk sementara kami masih dalam proses maintenance sehingga fotonya masih belum bisa kami publikasikan secara keseluruhan.

Untuk menikmati foto sebelum pemindahan www.cikarsya.blogspot.com ke www.cikarsya.com
bisa mengunjungi link berikut : Mawi Tour and Travel

# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Jomblangan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

1 Komentar

  1. JOIN SEKARANG Kamu Ingin Merasakan Sensasi Kartu Terbaik?
    Daftarkan Sekarang DI Partner Poker Pelangi Di Situs BandarQ Terbaik Hanya Di MarioQQ
    MarioQQ Memberikan Fasilitas Terbaik Untuk Bermain Kartu Dapatkan Sekarang Juga!
    Kesempatan Bermain Bermodalkan 10rb Saja!
    Motto Logo MarioQQ Memberikan Kemenangan Besar Hanya Dengan Modal Minimal Rasakan Sekarang!
    8 Games Dalam 1 User ID
    -BandarQ
    -AduQ
    -Domino99
    -Capsa Susun
    -Sakong
    -Poker
    -Bandar Poker
    -Bandar 66

    Tunggu Apa Lagi Daftarkan Sekarang !

    Rasakan Kemenangan Bermain Dengan Modal 10rb Saja!
    Hubungi Kami!
    -BBM : DC91DE02
    -WA : +855967975460
    -Line : mari0qq
    -FB : MarioqqLink

    Tunjukan Kalo Kamu Adalah Yang Terbaik!
    >>>Marioqq<<<
    >>>Poker Pelangi<<<
    Kunjungi Juga Situs Kontes SEO
    >>>CCSEO<<<
    >>>CC SEO<<<
    >>>CCSEO<<<
    >>>CC SEO<<<
    >>>MarioQQ SEO<<<
    Kunjungi Juga Situs Berita Terkini!
    >>>Cerita Rakyat Indonesia<<<
    Kunjungi Juga Situs Berita Viral !
    >>>Kakek Gokil<<<

    BalasHapus

CARA RESERVASI
WA / SMS / Call. 085.643.455.685
PIN BB 7A722B86

Kantor Pemasaran : Jalan Jogja-Solo KM 15 Bogem Kalasan Sleman Yogyakarta 'Toko Stiker Sahabat Motor dan Mobil'

Disarankan untuk reservasi menggunakan SMS mengingat kami sering mobile keluar kantor. Sampaikan penawaran yang diinginkan kemudian akan kami berikan penawaran dari kami.

LAYANAN SMS GRATIS

setelah setahun terhenti, insya Allah SMS Community akan berjalan lagi.

minat langganan status via sms, cukup ketik : IKUT ssbscommunity kemudian kirim ke 082-110-001-021

jika gagal berarti ada salah penulisan "IKUT ssbs community" nya.

untuk semua operator GSM.

# gratis sampai kapan pun

!! PESAN ADMIN !!

Kami selalu menghimbau agar semua member agar tetap mewaspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya On-Line, Intive, Inc dan SSBS Community karena kami tidak memungut biaya sepersen pun sebelum kesepakatan kedua belah pihak disepakati.

Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Mohon untuk menanyakan terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

Contact Admin : 085.643.455.685

Untuk melakukan Pemesanan silahkan klik cara pemesanan

Untuk mengetahui paket wisata silahkan klik Paket Wisata

Untuk mengetahuin paket catering silahkan klik Paket Catering

Untuk mengetahui paket privat silahkan klik Paket Privat

Untuk mengetahui Paket Kaos silahkan klik Paket Kaos

Untuk mengetahui Paket Backpaker dan Adventure silahkan klik Paket Backpaker dan Adventure

Untuk mengetahui Testimoni silahkan klik Testimoni

Untuk mengetahui Tentang Kami silahkan klik Tentang Kami