Menggali Hubungan Antara Suku Karo dan Suku Tengger

Menggali Hubungan Antara Suku Karo dan Suku Tengger

Kerajaan Haru adalah kerajaan yang pernah berdiri di wilayah pantai timur Sumatera Utara saat ini. Nama kerajaan ini pernah tersebut dalam Pararaton yang terkenal dengan Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Gajah Mada. Dalam sumpahnya Gajah Mada menyebutkan bahwa dia akan melepaskan puasa setelah dapat mengalahkan beberapa kerajaan, dimana salah satu kerajaan yang disebutkan tersebut adalah kerjaan Haru.
Dari berbagai pendapat menyebutkan bahwa penduduk asli kerjaan Haru berasal dari suku Karo, salah satu suku yang masih dapat ditemui hingga kini, dan sekaligus menjadi suku asli wilayah Sumatera Timur atau dikenal dengan Sumatera Utara, khususnya di wilayah Kabupaten Karo, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, dan Kabupaten Langkat saat ini. Dugaan terkait penduduk asli Haru yang berasal dari suku Karo tersebut terungkap dalam Sulalatus Salatin, dimana nama para pembesar kerjaan Haru umumnya mengandung nama-nama dan marga suku Karo.
Berawal dari keinginan Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit untuk menaklukkan beberapa kerajaan yang ada di sekitarnya dan salah satunya adalah kerajaan Haru yang dipimpin oleh Maha Raja bermarga Sembiring Kembaren, maka semenjak tahun 1304 masehi, kerajaan Majapahit mulai menyerang kerajaan Haru, dimana peperangan tersebut berlangsung selama setahun, yaitu hingga tahun 1305 masehi.
Dalam peperangan yang berlangsung sengit tersebut, angkatan perang Haru dipimpin oleh 3 orang panglima besar, diantaranya adalah Panglima Perminak Sagi, Panglima Sijagat, dan Panglima Siperumang. Adapun ketiga panglima kerajaan perang dari kerajaan Haru ini disebutkan memiliki ilmu yang sakti, serta ahli dalam strategi perang, sehingga angkatan perang yang datang dari kerajaan Majapahit yang begitu besar tidak mampu untuk menaklukkan wilayah kerajaan Haru.
Keperkasaan bala tantara Haru yang dipimpin oleh tiga orang panglimanya dalam perang melawan Majapahit, membuat banyak korban berjatuhan dari pihak Majapahit. Adapun arena peperangan terbuka yang diperkirakan terjadi adalah pada alur-alur sungai Petani hingga ke daerah Penatapen (Sampuren Kulikap) di daerah Tahura Berastagi saat ini.
Dengan situasi perang yang banyak memakan korban dari pihak Majapahit, sehingga kerajaan ini tidak pernah mampu mengalahkan kerajaan Haru hingga akhir tahun 1305 masehi. Namun karena begitu besarnya bala tentara kerajaan Majapahit yang didatangkan untuk berperang melawan kerajaan Haru, membuat sebagian wilayah kekuasaan Haru dapat direbut oleh Majapahit, khususnya dibagian wilayah Alas-Gayo atau wilayah yang saaat sekarang ini dikenal dengan Kabupaten Aceh Tenggara. Berhasilnya kerajaan Majapahit menduduki wilayah Alas-Gayo, membuat kerajaan Haru secara keseluruhan mulai berantakan dan tercerai berai, meski secara utuh tidak pernah dapat terkalahkan oleh kerajaan Majapahit.
Bersamaan dengan itu, sebagian tentara kerajaan Majapahit yang selamat dari perang akhirnya dijadikan sebagai tawanan perang, dan sebagian diantaranya berbalik bergabung dengan pasukan Haru, dimana julukan mereka disebut juga dengan istilah “Jintera Majapahit si Ngelandih ku Haru” yang kemudian menyesuaikan diri dan masuk ke dalam sub merga-merga yang ada pada masyarakat Karo.
Sebaliknya sebagian tentara kerjaan Haru juga tertangkap dan dijadikan tawanan perang oleh pihak Majapahit. Umumnya bala tantara Haru yang dijadikan tawanan perang di bawa pulang ke Majapahit, dimana kemudian mereka ditempatkan dibeberapa tempat, khususnya di daerah lereng pegunungan Tengger (sekarang Jawa Timur), dan sebagian lagi di tempatkan di bagian lereng Gunung Merapi bagian Tenggara (sekarang kabupaten Klaten, Jawa Tengah), serta sebagian ditempatkan di lereng Gunung Merapi bagian Selatan (sekarang Kabupaten Sleman).
Sebagaimana umumnya tawanan perang, yang harus mengikuti keinginan penguasa saat itu, sehingga sebagian besar para tawanan dari kerajaan Haru berusaha untuk beradaptasi serta sekaligus menghilangkan jati diri mereka, dimana hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan dirinya. Namun beberapa orang yang di tawan didaerah pegunungan Tengger yang masih terisolasi tetap mempertahankan budaya asalnya, walaupun identitas jadi dirinya seperti marga sudah dihilangkan sama sekali.
Disamping itu beberapa orang tawanan asal kerajaan Haru masih tetap mempertahankan identitas jati dirinya, dengan membentuk dan menambah identitas baru pada identitas jati diri marganya dari daerah asalnya seperti Tarigan Jogja yang di tawan di daerah lereng Pegunungan Gunung Merapi di bagian selatan (sekarang kabupaten Sleman) Jogyakarta. Marga Tarigan Jogya adalah merupakan tawanan perang tentara kerajaan Majapahit pada akhir tahun 1305 Masehi, ketika usai perang Haru tersebut.
Dengan demikian, maka hingga saat ini di daerah pegunungan Tengger masyarakatnya masih sering melakukan upacara adat yang mirip sekali dengan upacara adat yang ada pada masyarakat suku Karo di Sumatera Utara, yaitu seperti halnya dalam upacara pemanggilan arwah (perumah Begu) yang persis sama, baik dari segi media-media yang di gunakan. Selain itu hingga saat ini masyarakat suku Tengger juga masih kerap melakukan ritual tradisi yang dikenal dengan istilah Hari Raya Karo atau tradisi Karo.

ayo invite BB 7A722B86 dan 7CB1A2A1
ayo join WA 085.643.455.685 dan 089.636.260.351

yuk's like @[178190515563030:1]
mau kenal dengan admin ?? silahkan add fb Syarifain Ghafur
insya Allah bermanfaat.


Ayo Join Cikarsya.com



mohon bantuannya untuk menyebarluaskan status ini :) :) :). dan jangan lupa untuk like https://www.facebook.com/pages/Syarifain-Ghafur/178190515563030?ref=hl untuk mendapatkan status-status yang lain.

pokoknya bantuin #share #like dan #comment ya :) :) :)

kami mempersembahkan artikel-artikel yang insya Allah akan menginspirasi.

jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

mau join sms gratis ?? kali ini dikhususkan kepada pengguna kartu Three silahkan untuk melakukan pendaftaran dengan cara, ketik : DAFTAR_Nama Lengkap_Kota Tinggal_Alamat Email kemudian kirimkan ke 089671454046.
Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + CikarsyaSolution untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar Wisata Indonesia, Resep Makanan Gratis, Download Soal Gratis, Penawaran Design Jaket, Kemeja dan Koas, Dowload Film dan Download Software Gratis terbaru. Mau tukar follow maka tinggalkanlah pesan yang baik.


Mawi Tour and Travel merupakan salah satu penyedia jasa layanan wisata di Indonesia yang berkantor di Yogyakarta. Mawi Tour and Travel merupakan nama terbaru dari Cikarsya Tour and Travel.

Untuk melakukan pemesanan bisa langsung menghubungi :
Head Office : Sunten RT 08/32 Jomblangan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198
Telp. 089671454046 Email : cikarsya@gmail.com

Kami juga menyediakan paket wisata Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau, Wisata Karimun Jawa, Wisata Bali, Wisata Bandung, Wisata Pangandaran, Wisata Rafting Sungai Elo dan Sungai Progo dan Paket Wisata lainnya.

Waspadai berbagai macam penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya Solution karena kami tidak pernah memungut biaya sedikitun sebelum kesepakatan kedua pihak disepakati.

Untuk melihat foto-foto kami bisa mengunjungi cikarsya.com 'klik' saja. Untuk sementara kami masih dalam proses maintenance sehingga fotonya masih belum bisa kami publikasikan secara keseluruhan.

Untuk menikmati foto sebelum pemindahan www.cikarsya.blogspot.com ke www.cikarsya.com
bisa mengunjungi link berikut : Mawi Tour and Travel

# Kolom Iklan #

kami cikarsya solution menyediakan layanan :
  1. paket wisata Yogyakarta "Gua Pindul, Rafting Oya dan Lainnya", Karimun Jawa "Jepara", Bali, Lombok, Pangandaran, Pendakian Gunung Semeru, Pendakian Gunung Merbabu, Pendakian Puncak Mahameru, Pendakian Gunung Merapi, Pendakian Gunung Sumbing dan lainnya termurah start form Kota Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2.  tempat pembuatan jaket, kaos dan kemeja komunitas, organisasi maupun instansi.
  3. Les dan Privat SD, SMP hingga SMA sederajat khusus Daerah Istimewa Yogyakarta "DIY"
  4. pemesanan Cover Motor "VerMot" Nasional
  5. Merchandise Pernikahan Yang Murah Meriah
  6. Percetakan Kalender, Brosur, Pamflet, Leaflet dan Banner yang Murah.
  7. Paket Outbond Yang Murah, Meriah dan Menantang
  8. Paket Wisata Adventure "Pendakian dan Penelusuran Gua"
  9. Penyewaan Alat Pendakian dan Adventure 
Informasi lebih lanjut hubungi 089671454046

Alamat Kantor :
Gang Sahabat Sunten RT 08/32 Jomblangan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55198

 http://cikarsya.blogspot.com "Blog Resmi Swalayan Cikarsya Solution"

http://jajan-wae.blogspot.com "Blog Resmi Canefa Snack and Catering"

http://order-wisata.blogspot.com "Blog Resmi Ma Wi Tour and Travel"

http://pusat-order.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Jaket, Kaos dan Kemeja"

http://order-merchadise.blogspot.com "Blog Resmi Pemesanan Merchandise"


Catatan Mohon Untuk di Cermati : 

Untuk memastikan ketersediaan produk mohon untuk menghubungi nomor tersebut.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

dan anda juga bisa melakukan negosiasi jika merasa keberatan dengan harga yang kami berikan.

Jangan mengirimkan dana jika kita belum saling sepakat. 

Jika berkenan mohon untuk memberikan testimoni dengan mengunjungi :
http://cikarsya.blogspot.com/2012/12/testimoni.html
  

Cikarsya dot Blogspot dot com "http://cikarsya.blogspot.com" merupakan tempat belanja terbaik dan halal serta berkualitas.

sebuah layanan yang disediakan oleh cikarsya solution.

Sumber: http://order-wisata.blogspot.com/2013/08/sewa-mobil-yogyakarta.html#ixzz2dHY4ezuy
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

0 Komentar