4 Kawah Gunung Tercantik Di Indonesia

Kawah gunung selalu menjadi perhatian para wisatawan. Walaupun mengeluarkan bau belerang, kawah gunung yang berkabut tampak sangat anggun. Tahukah Anda kawah - kawah gunung paling cantik di Indonesia?

Kawah yang berada di puncak sebuah gunung memang selalu menarik untuk dilihat, sebut saja Kawah Putih di Bandung. Kawah ini telah menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tapi tidak hanya itu, masih banyak lagi kawah gunung lain yang cantik dan bisa Anda kunjungi.

1. Kawah Kelimutu, NTT
Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur adalah kawah. Ya, ini memang bukan danau tapi 3 buah kawah cantik yang bertengger di atas Gunung Kelimutu.
www.belantaraindonesia.org

Tidak seperti kawah lain yang umumnya berwarna putih, Kawah Kelimutu malah menghasilkan warna yang berbeda - beda. Ada yang berwarna hijau muda, biru, dan hitam. Menurut kepercayaan warga sekitar, ketiga kawah tersebut merupakan arwah orang - orang yang sudah meninggal.

Karena keunikan tiga kawah tersebut, Kawah Kelimutu pun menjadi magnet wisata bagi Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT ini. Banyak wisatawan yang datang dan rela mendaki gunung hingga puncak, hanya untuk menyaksikan keindahan kawah tiga warna ini, terutama saat Matahari terbit di ufuk timur.

2. Kawah Ijen, Jawa Timur
Kawah cantik lain di Indonesia adalah Kawah Gunung Ijen yang masih masuk dalam Taman Nasional Alas Purwo. Cobalah untuk mendaki hingga puncak, Anda pun bisa menyaksikan keindahan Kawah Ijen.
www.belantaraindonesia.org

Warna kawah yang hijau kebiruan, dihiasi kabut dan asap belerang sangat memesona setiap mata yang memandang. Bebatuan kokoh yang mengelilingi kawah, seolah menjadi benteng kuat yang menjaga kawah, dan menunjukkan kegagahan Ijen.

Kawah Ijen tidak hanya menyajikan kecantikan alam, tetapi juga keindahan kehidupan yang bertopang padanya, yaitu para penambang belerang. Kawah Ijen memang menjadi sumber pencaharian puluhan penambang.

Dari atas gunung, wisatawan bisa melihat hiruk pikuk kegiatan penambang yang sibuk mengangkut belerang. Berkunjung ke Ijen akan memberikan wisata yang sempurna!

3. Kawah Putih, Jawa Barat
Siapa yang tidak kenal Kawah Putih? Kawah cantik yang berada di Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat ini hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat hari libur tiba. Beberapa anak tangga pun dengan setia mengantarkan langkah setiap wisatawan yang datang untuk mencapai Kawah Putih.
www.belantaraindonesia.org

Meski lelah mendaki melewati banyak anak tangga, pemandangan yang akan Anda temukan sangatlah cantik. Batang - batang pohon menemani setiap wisatawan yang datang. Melihat ke depan, hamparan kawah besar berwarna putih langsung terlihat. Udara dingin khas pegunungan Bandung pun seolah menyelimuti tubuh setiap wisatawan yang datang.

Tanah putih yang berasal dari belerang adalah alasan mengapa kawah ini disebut Kawah Putih. Air kawah yang berwarna kehijauan menjadi pemandangan nomor satu yang perhatian. Yang lebih cantik lagi, warna air kawah bisa berubah - ubah tergantung cahaya Matahari. Keindahan inilah yang membuat wisatawan senang ke Kawah Putih.

4. Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat
Selain Kawah Putih, masih ada lagi kawah cantik yang lain di Jawa Barat, yaitu Kawah Domas, Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Kawah Domas berada di lereng utara Gunung Tangkuban Perahu. Di sini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahannya, tetapi juga turun langsung. Seru!
www.belantaraindonesia.org

Untuk mencapai Kawah Domas, Anda bisa menyusuri jalan setapak yang dikelilingi pepohonan rindang. Meski agak panjang, pemandangan cantik langsung menyambut Anda begitu tiba di Kawah Domas.

Pemandangan Kawah Domas didominasi oleh batuan gunung berwarna putih. Pada bagian tertentu tampak berwarna kuning, terutama pada rongga - rongga yang mengeluarkan asap belerang. Asyiknya, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam saja, tetapi juga merendam kaki di kubangan kawah.  source
http://www.belantaraindonesia.org/2012/10/4-kawah-gunung-tercantik-di-indonesia.html?utm_source=BP_recent

Posting Komentar

0 Komentar