Merbabu Dan Alamnya

 Merbabu Dan Alamnya
Pemandangan yang terdapat di gunung Merbabu mulai dari kaki gunung hingga puncaknya sangat sayang apabila dilewatkan bagi para pendakinya. Gunung berketinggian 3.142 mdpl yang berdampingan dengan Gunung Merapi ini memang seolah menyembunyikan keindahan surga kecil untuk para pengagumnya.
www.belantaraindonesia.org

Banyak terdapat gunung di sekitar Gunung Merbabu, diantaranya Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Andhong. Pemandangan yang sangat indah akan didapat sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Merbabu.

Sewaktu kita akan menuju Pos I pemandangan yang terlihat adalah hutan Gunung Merbabu yang berubah fungsi sebagai ladang dan kebun. Kebun yang kita lalui kebanyakan kebun sayur dan kebun Akasia.

Di jalur menuju Pos II kita banyak melewati pohon cemara jarum, pohon pinus dan pohon dengan daun - daun kecil, seperti putri malu.
www.belantaraindonesia.org
Vandalisme Di Watu Gubug
Di jalur menuju pos III kita juga banyak melewati semak belukar. Di pos III ini terdapat Watu Gubug, sebuah batu berlubang yang dapat dimasuki 5 orang yang juga dikeramatkan penduduk sekitar. Konon merupakan pintu gerbang menuju kerajaan mahluk gaib. Watu Gubug ini penuh dengan coretan para “pecinta alam”.

Di jalur menuju pos IV banyak semak dan di jalur ini juga akan terlihat Puncak Antena ( 2800m dpl ). Di puncak ini terdapat sebuah pondok untuk mengukur cuaca. Dari sini juga puncak Kenteng Songo sudah terlihat jelas. Pemandangan dari puncak Antena sangat indah dan banyak pendaki membuka tenda di sini.

Di pos V ini di kelilingi oleh bukit dan tebing dan terlihat juga kawah Condrodimuko. Menuju puncak Syarif pemandangan yang indah ke arah Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.
www.belantaraindonesia.org

Dari puncak Kenteng Songo kita dapat memandang Gunung Merapi dengan puncaknya yang mengepulkan asap setiap saat, nampak dekat sekali. Di arah Barat tampak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang kelihatan sangat jelas dan indah. Lebih dekat lagi tampak Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Dari kejauhan juga tampak Gunung Lawu dengan puncaknya yang memanjang.

Di puncak gunung ini terdapat padang rumput, bunga Edelweis, bukit - bukit berbunga yang sangat indah. Bunga Edelweiss hanya tumbuh di puncak pegunungan dan bunga ini terkenal karena keindahannya. Setelah sejumlah pohon yang dilindungi dijarah sekarang bunga yang dikenal sebagai bunga abadi ini dijarah habis - habisan oleh seorang oknum. Lokasi tempat bunga tersebut berada kini rata dengan tanah.
www.belantaraindonesia.org

Dalam ilmu botani, bunga tersebut terbentuk secara alami dari timbunan humus dan memerlukan waktu sedikitnya lima tahun untuk tumbuh dan berbunga. Kini Gunung Merbabu kehilangan salah satu daya tariknya., lantaran Edelweiss sudah tak tumbuh normal lagi.

http://www.belantaraindonesia.org/2012/06/merbabu-dan-alamnya.html

Posting Komentar

0 Komentar