Wisata Banua Banjar Kalimantan

Banjar yang dalam pemetaan nasional menawarkan konsep eco-tourism mempunyai potensi pariwisata cukup menjanjikan untuk dikunjungi. Bersandar pada keunikan alam yang mayoritas adalah perairan di wilayah pesisir selatan dan didominasi pegunungan di sebelah utara, Banua Banjar ternyata juga menyimpan keelokan seni dan budaya.

1. Kota Banjarmasin
Ibukota propinsi Kalimantan Selatan ini dikenal dengan julukan Kota Seribu Sungai, mengingat denyut nadi kehidupan masyarakat di kota ini memang bergantung kepada sungai. Objek wisata yang ditawarkan sebagai andalan adalah Pasar Terapung (Floating Market). Titik lokasi pasar terapung Kota Banjarmasin terletak di perairan Muara Kuin. Anda bisa memulai perjalanan menyusur sungai Barito selepas sholat Subuh sembari menengok geliat kehidupan Urang Banjar bagaimana uniknya transaksi perdagangan yang dilakukan di atas air dengan menggunakan jukung (sampan kecil) atau kelotok (perahu motor).















Spot lain yang bisa Anda kunjungi adalah situs budaya peninggalan Kerajaan Banjar yaitu Mesjid Sultan Suriansyah. Mesjid tertua di Banjarmasin ini mempunyai peranan yang cukup penting pada saat syiar Islam mulai masuk di tanah Banjar.

Mesjid Sultan Suriansyah terletak di tepian Sungai Martapura.



Untuk cinderamata, Anda bisa menjadikan sasirangan sebagai pilihan. Sasirangan adalah kain khas Kalimantan Selatan yang pada awal kemunculannya dianggap sebagai media penyembuh penyakit sehingga kerap disebut kain pamintaan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, sasirangan menjadi tren yang mengikuti perkembangan mode sehingga banyak digunakan sebagai pakaian sehari-hari, baik untuk acara formil, non-formil maupun santai.


Sementara untuk kuliner, tentu saja Anda tidak boleh melewatkan makanan beraroma limau kuit yang sangat lezat, Soto Banjar. Olahan ayam kampung dengan racikan istimewa yang telah dipelihara secara turun temurun, dijamin akan membuat lidah anda bergoyang.














2. Kota Banjarbaru 
Adalah kota administratif yang mendampingi Banjarmasin dalam pengelolaan daerah tingkat Propinsi. Destinasi wisata yang ditawarkan di kota ini adalah Museum Lambung Mangkurat, yang menyimpan koleksi peninggalan masa Hindu dan peralatan perang pada era kemerdekaan. 

Di museum yang didirikan tahun 1979 ini Anda dapat menjumpai benda-benda hasil penggalian dari Candi Laras dan Candi Agung serta patung Sapi Nandi dan symbol alat kelamin Dewa Syiwa yang disebut Lingang.


Tidak jauh dari pusat kota Banjarbaru, di kecamatan Cempaka terdapat lokasi pendulangan intan. Di tempat ini Anda dapat melihat langsung bagaimana para pekerja mencari Intan atau Emas di lobang-lobang galian.
Dari catatan sejarah di daerah ini pernah ditemukan intan terbesar seberat 20 karat pada tahun 1846, yang kemudian rekor ini dipecahkan pada tahun 1850 dengan ditemukannya intan yang lebih besar lagi seberat 167,5 karat.


3. Kabupaten Banjar
Jika Anda kolektor dan penikmat batu mulia, jangan sampai melewatkan kunjungan ke destinasi yang satu ini, Martapura.

Di kota inilah pusat kerajinan dan penjualan intan terbesar di Kalimantan Selatan.
Selain intan, Anda juga bisa memilih-milih kerajinan khas Banjar bernama airguci atau kerajinan anyaman rotan. Sentra oleh-oleh dan kerajinan ini terpusat di kawasan Cahaya Bumi Selamat.
























Untuk wisata alam, Kabupaten Banjar menawarkan banyak pilihan salah satunya Danau Riam Kanan dan Taman Hutan Raya Sultan Adam yang terletak di Desa Aranio. Di sini Anda bisa menikmati keteduhan Danau Riam Kanan seluas + 8000 hektar dengan dikelilingi anak pegunungan Meratus yang hijau dan asri.

Sementara untuk Anda yang ingin mengunjungi titik wisata religius, silakan datang ke Mesjid Agung Al Karomah serta Makam Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari, tokoh penyebar ajaran Islam di Kalimantan Selatan.
 













Tak ketinggalan, untuk Anda yang suka nongkrong atau ngumpul-ngumpul dengan sahabat dan rekan, Anda bisa nikmati kebersamaan itu di tepi siring sungai Martapura.

4. Kabupaten Tapin

Di kabupaten yang beribukota Rantau ini anda bisa menengok stalagnit dan stalagtit yang tersusun indah di tebing Goa Batu Hapu. Anda juga bisa berziarah ke makam salah satu pemuka agama Islam, yaitu Makam Datu Sanggul.

5. Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Kabupaten inilah cikal bakal berdirinya Banjar, tempat kerajaan Hindu tertua di Kalimantan Selatan yang bernama Negara Dipa berada. Negara Dipa menjadi titik awal dalam perkembangan masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu, pada era penjajahan Belanda kabupaten Hulu Sungai Selatan mempunyai peranan penting sebagai pusat perjuangan rakyat Banjar.

Di kecamatan Nagara, terdapat industri gerabah dan pembuatan mandau, senjata khas suku Dayak.

Sementara bagi Anda yang menyukai tantangan, silakan menikmati petualangan di derasnya jeram Amandit, kecamatan Loksado. Menyusuri anak-anak sungai dengan menggunakan lanting bambu, merasakan debur air terjun Haratai, menengok kehidupan Dayak Meratus di Balai Adat Malaris atau menikmati keteduhan Gunung Kentawan.



Kawasan Loksado memiliki hutan primer yang banyak ditumbuhi pepohonan dan kayu-kayuan beraneka ragam. Jenis pohon yang tumbuh diwilayah ini adalah Meranti, Sungkai, Ulin, Karet, Kayu Manis, dan berbagai jenis anggrek hutan.

Untuk wisata kuliner, silakan Anda cicipi gurihnya ketupat kandangan dengan ikan haruan yang dipadu rerempah dan gulai santan.


6. Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Paringin dan Hulu Sungai Utara
Di kabupaten Hulu Sungai Tengah terdapat obyek wisata Pagat - Batu Benawa. Alamnya yang indah, air yang jernih, dan alamnya yang damai membuat lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan. Sementara di kabupaten Hulu Sungai Utara, Anda bisa melihat peninggalan era Hindu yaitu situs Candi Agung serta menonton keunikan hadangan kalang atau kerbau rawa, yaitu pertandingan renang kerbau di rawa-rawa.



7. Kabupaten Tabalong
Kunjungilah obyek wisata Kinarum Indah yang sangat menarik karena riak dan hempasan air yang mengalir di sela-sela batu hampar yang luas. Batu ini mempunyai legenda tersendiri sesuai dengan beda warnanya.

Dari alkisah masyarakat, batu tersebut jatuh ketika sedang dibawa oleh rupawan sakti yang bermaksud membendung Sungai Jaing guna mencari seorang Putri. Hingga sekarang lokasi Kinarum Indah sering dijadikan oleh masyarakat sebagai tempat meminta hajat/doa keselamatan sesuai dengan adat budaya masyarakat Dayak setempat. Lokasi obyek wisata ini terletak di desa Kinarum dan dapat Anda tempuh dalam jarak 45 km dari ibukota Kabupaten dan 6 km dari ibukota Kecamatan Upau.

Topografi wilayah di kawasan ini berbukit dan bergunung dengan panorama alamnya yang cukup indah dikelilingi hutan yang lebat.


8. Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Pulau Laut
Sesuai namanya ketiga kabupaten ini mempunyai sisian laut di masing-masing daerah sehingga destinasi wisata yang ditawarkan tentu saja tidak lain adalah keelokan pantai dan terumbu karang.

Di Tanah Laut yang beribukota Pelaihari Anda bisa mengunjungi Pantai Takisung, Pantai Swarangan, Pantai Tanjung Dewa dan Pantai Batakan.






















Di Tanah Bumbu anda bisa menyinggahi Mappanretase atau upacara yang dalam bahasa adat setempat diistilahkan memberi makan kepada laut. Upacara  ini diselenggarakan di pesisir Pantai Pagatan. Kemudian terdapat pula Pantai Tanjung Petang, Pantai Rindu Alam, Pantai Bunati, Pantai Sewangi dan Pantai Angsana.












Sementara di Pulau Laut, silakan Anda kunjungi Pantai Sarang Tiung atau dikenal juga dengan Gedambaan. Di sana wisatawan akan dimanjakan dengan pasir putih dan suasana syahdu ketika matahari terbit maupun tenggelam.

Kami tunggu kunjungan Anda ke Banua Banjar!

http://banjarbungas-amazing.blogspot.com/2010/10/banjar-yang-dalam-pemetaan-nasional.html

##
Banjar in the national mapping offers the concept of eco-tourism has the potential of tourism is promising to visit. Relying on natural uniqueness of the majority is in coastal waters south and predominantly mountainous north, Banua Banjar were also saving beauty of art and culture.
1. Banjarmasin
South Kalimantan provincial capital is known as the City of Thousand Rivers, considering the heartbeat of the people in this city is dependent on the river. Attractions offered as a mainstay is the Floating Market (Floating Market). Location points floating market is located in the city of Banjarmasin Kuin Estuary waters. You can start the journey along the Barito river after Fajr prayer while stretching the life Urang Banjar see how unique trading done on the water by using boats (dinghy) or kelotok (boat motor).
Another spot that you can visit is the site of cultural heritage, namely the kingdom of Banjar Suriansyah Sultan Mosque. The oldest mosque in this Banjarmasin has an important role as symbols of Islam began to get in on the ground Banjar.
Sultan Mosque is situated on the banks of the River Suriansyah Martapura.
For souvenirs, you can make sasirangan as an option. Sasirangan is typical fabric of South Kalimantan in the early emergence is considered as a medium cure disease so often referred to fabric pamintaan. However, over time, a trend sasirangan track mode so widely used as everyday clothing, both for formal events, non-formal or casual.
As for culinary, of course you should not miss the lemon-scented food was very delicious biscuits, Soto Banjar. Processed chicken with a special concoction that has been maintained for generations, guaranteed to make your tongue sway.
2. City Banjarbaru
It is the administrative town of Banjarmasin assist in the management of provincial areas. Sightseeing tours offered in the city is Mangkurat Gastric Museum, which holds a collection of relics of the Hindu and war equipment to the independence era.
In the museum, founded in 1979, you can see objects excavated from the barrel and the Temple of the Great Temple and Nandi Ox statue and symbol of Lord Shiva genitals called Lingang.
Not far from the city center Banjarbaru, there are locations in the district Cempaka diamond panning. In this place you can see first hand how workers search for diamonds or gold in the holes dug.
From the historical record in this area is the largest diamond ever found weighing 20 carats in 1846, which was then a record was broken in 1850 with the discovery of diamonds greater weighing 167.5 carats.
3. Banjar District
If you are a collector and connoisseur of precious stones, not to miss a visit to this one destination, Martapura.
In the city center is the largest craft and selling diamonds in South Kalimantan.
In addition to diamonds, you can also pick and choose crafts Banjar named airguci or wicker crafts. Sentra souvenirs and handicrafts are concentrated in the Earth Happy Light.
For nature, Banjar District offers many choices one Riam Lake Forest Park Right and Adam Sultan, located in the village of Aranio. Here you can enjoy the shade of the Right cascade lake covering 8000 + acres surrounded by mountain boy Meratus green setting.
As for you who want to visit the point of religious tourism, please come to the Grand Mosque and the Tomb of Sheikh Al Karomah Arsyad Muhammad Al Banjari, prominent propagator of Islam in South Kalimantan.


Not to forget, for those of you who like to hang out or get together-get together with friends and colleagues, you can enjoy it together on the banks of the river siring Martapura.
4. District Tapin
In the district capital of this seacoast stalagnit and you can see beautiful stalactites are arranged on a cliff Goa Batu Hapu. You can also visit the tomb of a Muslim cleric, the Tomb of Datu bun.
5. Hulu South River
District is forerunner to the establishment of Banjar, the oldest Hindu kingdom in South Kalimantan was named State Dipa. State Dipa be the starting point in the development of the South Kalimantan. In addition, the Dutch colonial era Upper South River district has an important role as a center of the struggle of the people of Banjar.
Nagara in the district, there is a pottery industry and manufacturing saber, the weapon typical Dayak.
While for those who like a challenge, please enjoy the adventure in the swift rapids Amandit, sub Loksado. Along the creeks using lanting bamboo, feel the pounding waterfalls Haratai, look at the life of Dayak Meratus Stempel Malaris or enjoy the shade of Mount Kentawan.
Loksado region has a lot of primary forests overgrown trees and woody diverse. Types of trees that grow in this region is Meranti, Sungkai, Ulin, Rubber, Cinnamon, and various types of forest orchids.
For culinary tours, please you taste the delicious ketupat Kandangan Haruan combined with fish curry and coconut milk rerempah.
6. Hulu Middle River, North River and Hulu Paringin
In the district of the Upper Middle River are tourist Pagat - Stone Benawa. Beautiful nature, clear water, and the peaceful nature makes this tourist location visited by many tourists. While in the Upper North River district, you can see the remnants of the Hindu era Great Temple site and watch the unique obstacles prop or swamp buffalo, the match pool in the swamp buffalo.
7. District Tabalong
Visit the beautiful sights Kinarum very interesting because of the ripples and waves of water flowing on the sidelines of a broad flagstones. This stone has its own legend correspond to different colors.
Once the public from, rock falls while being carried by a handsome fairy who intends to seek dam river Jaing a Princess. Until now Kinarum Beautiful location often used by people as a place to ask for livelihood / salvation prayer in accordance with the local Dayak cultural customs. What tourist attraction is located in the village Kinarum and you can take a 45-km from the district capital, and 6 km from the capital district Upau.
Topography of the area is hilly and mountainous region with a quite beautiful natural scenery surrounded by dense forest.
8. Sea Land District, Land and Sea Island Seasonings
As the name implies these districts have Sisian sea in each region so that the destinations on offer, of course none other than the beauty of beaches and coral reefs.
In the capital of the Land Sea Pelaihari you can visit the beach Takisung, Swarangan Coast, Cape Coast and Beaches Batakan god.
In the Land of Spices Mappanretase or you can stop in a ceremony in the local indigenous language termed feed the sea. The ceremony was held in the coastal beach Pagatan. Then there is also an evening of Cape Coast, Coastal Natural Girl, Beach Bunati, Sewangi Beach and Angsana Beach.
While at Sea Island, please you visit Tiung Nest Beach, also known as Gedambaan. There, travelers will be pampered with white sand and calm atmosphere when the sun rises or sinks.
We wait for your visit to Banua Banjar!
http://banjarbungas-amazing.blogspot.com/2010/10/banjar-yang-dalam-pemetaan-nasional.html

Posting Komentar

2 Komentar

CARA RESERVASI
WA / SMS / Call. 085.643.455.685
PIN BB 7A722B86

Kantor Pemasaran : Jalan Jogja-Solo KM 15 Bogem Kalasan Sleman Yogyakarta 'Toko Stiker Sahabat Motor dan Mobil'

Disarankan untuk reservasi menggunakan SMS mengingat kami sering mobile keluar kantor. Sampaikan penawaran yang diinginkan kemudian akan kami berikan penawaran dari kami.

LAYANAN SMS GRATIS

setelah setahun terhenti, insya Allah SMS Community akan berjalan lagi.

minat langganan status via sms, cukup ketik : IKUT ssbscommunity kemudian kirim ke 082-110-001-021

jika gagal berarti ada salah penulisan "IKUT ssbs community" nya.

untuk semua operator GSM.

# gratis sampai kapan pun

!! PESAN ADMIN !!

Kami selalu menghimbau agar semua member agar tetap mewaspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Cikarsya On-Line, Intive, Inc dan SSBS Community karena kami tidak memungut biaya sepersen pun sebelum kesepakatan kedua belah pihak disepakati.

Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Mohon untuk menanyakan terlebih dahulu sebelum bertransaksi.

Contact Admin : 085.643.455.685

Untuk melakukan Pemesanan silahkan klik cara pemesanan

Untuk mengetahui paket wisata silahkan klik Paket Wisata

Untuk mengetahuin paket catering silahkan klik Paket Catering

Untuk mengetahui paket privat silahkan klik Paket Privat

Untuk mengetahui Paket Kaos silahkan klik Paket Kaos

Untuk mengetahui Paket Backpaker dan Adventure silahkan klik Paket Backpaker dan Adventure

Untuk mengetahui Testimoni silahkan klik Testimoni

Untuk mengetahui Tentang Kami silahkan klik Tentang Kami