Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

 

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Pertanyaan ini mungkin sempat terbesit dalam pikiran Anda atau sebagian besar orang, kenapa kita harus minum air putih? Banyak sekali pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air putih delapan gelas sehari. Air putih memang sudah menjadi konsumsi rutin bagi setiap orang sehari-harinya. Namun, tidak banyak orang tahu manfaat air putih.

Air putih dapat mencegah Anda merasa kehausan, mendorong metabolisme,menjaga berat badan, membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh, hingga menjaga konsentrasi. Dibalik manfaatnya yang luar biasa, masih saja banyak orang yang mengabaikan minum air putih. Anda justru lebih memilih minum minuman dengan pemanis buatan dan lainnya.
Ingin tahu apa saja yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsomsi air putih setiap harinya? Simak beberapa manfaatnya berikut ini.
Meningkatkan ketajaman otak
Air membantu otak bekerja dengan optimal. Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan minum banyak air putih, Anda bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Bahkan, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.
Mengeluarkan racun tubuh
Minum air putih dapat membantu Anda untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh seperti usus dan ginjal. Racun-racun tersebut dibuang melalui urin. Dengan banyak minum air putih, maka kinerja organ tubuh kita semakin baik.
Melindungi jantung
Studi American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari. Selain itu, manfaat air putih juga meminimalisir resiko kanker. 
Melancarkan sirkulasi darah
Minum air putih saat keadaan panas ternyata mampu membakar lemak di dalam tubuh dan sistem saraf. Dengan terurainya lemak, hal itu akan mempercepat dan melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh.
Mencegah sakit kepala
Menurut penelitian University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, ternyata dengan minum 1,5 liter air sakit kepala dapat berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.
Mengobati sembelit
Sembelit disebabkan oleh kurangnya jumlah air dalam tubuh. Minumlah setidaknya satu gelas air hangat saat pagi hari untuk mencegah sembelit.
Mengurangi nyeri haid
Bagi Anda wanita yang sedang datang bulan, minum air putih mampu meredakan kram saat menstruasi. Konsumsi segelas air putih hangat pada pagi hari, hal itu bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada wanita yang sedang haid.
Minum air putih memang memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Namun jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya, karena dapat meningkatkan total volume darah dan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Mengonsumsi air putih berlebihan pun bisa menyebabkan keadaan fatal yang disebut hipnoatraemia atau suatu keadaan di mana kadar garam dlam darah (natrium) lebih rendah daripada seharusnya. Hipnoatraemia dapat menyebabkan intoksikasi air yang memiliki gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sering buang air kecil (urinasi) dan disorientasi mental.
Lalu berapa banyak konsumsi air putih yang baik setiap harinya? Cobalah untuk menyeimbangkan antara kebutuhan pengeluaran, dalam artian tidak sedikit juga tidak berlebihan. Jika Anda mengengar anjuran mengonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, bukan berarti semua kebutuhan air yang dibutuhkan tubuh harus berasal dari air putih. Anda bisa mendapatkan air dari susu, buah, atau jenis makanan dan minuman lainnya, namun pastikan minuman tersebut sehat, tidak mengandung pemanis buatan.
Aturan minum 2 liter sehari pun hanya berlaku bagi orang sehat dan tidak untuk penderita ginjal karena akan semakin memperberat kinerja ginjalnya. Pastikan Anda minum air putih secara bertahap dan perhatikan kebutuhan air per hari menurut kondisinya masing-masing.

http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=2245_Manfaat-Minum-Air-Putih-Bagi-Tubuh

Posting Komentar

0 Komentar