Ahu Tongariki di Easter Island

 

Ahu Tongariki di Easter island, Pasifik Selatan.

Ahu Tongariki ini bisa jadi adalah kumpulan moai (patung patung raksasa itu maksudnya) paling impresif di pulau terpencil ini

15 patung batu raksasa berderet di tepi pantai, membelakangi laut menghadap wilayah yang menjadi "perlindungan"nya. 

Katanya moai2 ini adalah perlambang tokoh tokoh masyarakat Rapa Nui, penduduk asli pulau ini, ratusan tahun yang lalu. Di pulau ini bertebaran moai2 besar kecil dan hampir semuanya menghadap ke daratan seakan menaungi wilayah wilayah masing masing.

Yang masih belum jelas adalah bagaimana ratusan tahun lalu masyarakat Rapa Nui yang terpencil ini, yang tidak mengenal logam, tidak punya binatang beban, dan belum mengenal roda, bisa mengangkut patung patung raksasa berbobot entah berapa puluh ton each ini dari tempat pemahatannya di atas bukit ke tepi pantai dan mendirikannya seperti ini.

Easter island (pulau Paskah) sendiri sudah menarik buatku simply dalam hal letaknya: Di tengah samudera Pasifik Selatan, pulau kecil dengan jarak ke "peradaban" terdekat sekitar 4000 km ke Timur (daratan Chile) dan ke Barat 4000 km juga (Tahiti). One of the most isolated places in the world.

Perlu sedikit imaginasi memang untuk membuat kunjungan ke sini lebih "berarti". Tanpa itu, tidak diragukan akan ada orang yang datang ke sini dan berpikir, "Apaan sih ini...tempat jauh buanget, sepi, adanya cuma batu batu doang..."

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10152323362226494&set=gm.10151539008839678&type=1&relevant_count=1&ref=nf

Posting Komentar

0 Komentar